Baru Ada 18 Anggota Bursa CPO, Ini Kata Petani

Andi M. Arief
15 November 2023, 19:33
CPO, bursa CPO
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.
Ilustrasi.

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia atau Apkasindo menyebut, jumlah anggota bursa crude palm oil atau CPO baru mencapai 18 entitas hingga saat ini. Ketua Apkasindo Gulat Manurung  menyebut jumlah tersebut sangat minim dibandingkan perusahaan CPO di dalam negeri yang mencapai sekitar 3.400 entitas.

"Kalau ada yang masih dirasa kurang aturan di Bursa CPO Indonesia, saya pikir bisa diperbaiki. Kata kuncinya adalah mau atau tidak ikut Bursa CPO? Itu saja," kata Gulat kepada Katadata.co.id, Rabu (15/11).

Berdasarkan data Indonesia Commodity & Derivatives Exchange, perdagangan di Bursa CPO dimulai pada 20 Oktober 2023. Namun perdagangan hanya terjadi pada tiga hari hingga kemarin, Selasa (14/11).

Total volume CPO yang diperdagangkan selama tiga hari tersebut adalah 250 ton dengan harga CPO terakhir dilego Rp 11.100 per kilogram. Ketiga perdagangan tersebut terjadi pada Oktober 2023, sedangkan pada bulan ini belum ada perdagangan di Bursa CPO.

Gulat menilai, bursa CPO belum sempurna. Namun, bursa tersebut telah mengawinkan keunggulan Bursa CPO Malaysia dan Bursa CPO Rotterdam. Oleh karena itu, Gulat mendorong pemangku kepentingan untuk mensosialisasikan Bursa CPO Indonesia lebih masif.

Pada saat yang sama, ia menduga minimnya partisipasi Pabrik Kelapa Sawit atau PKS dalam bursa CPO karena enggan keluar dari zona nyaman. Transaksi CPO selama ini dilakukan secara tertutup melalui kontrak internal.

"Seharusnya tidak ada alasan kepada siapapun untuk tidak mensukseskan bursa kebanggana Indoneisa ini. Jangan mengambil manfaat industri CPO saja," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...