Sandiaga Optimistis Kunjungan Wisman di Akhir 2023 Tembus 11 juta

Ira Guslina Sufa
20 November 2023, 21:45
Sandiaga uni
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/aww.
Sejumlah penari menampilkan tari Isosolo dalam Festival Danau Sentani 2023 di Pantai Khalkote, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (5/7/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno optimistis jumlah wisatawan mancanegara atau wisman pada akhir 2023 bisa melewati angka 11 juta kunjungan wisata. Hal itu disampaikan Sandiaga dengan melihat minat wisatawan asing yang masih tinggi. 

"Terlihat tren yang sangat kuat dan kami berdoa akhir tahun akan tembus kunjungan wisata 11 juta wisman," ujar Sandiaga dalam "The Weekly Briefing with Sandi Uno", di Jakarta, Senin (20/11). 

Sandiaga mengatakan saat ini ekspor produk ekonomi kreatif berada pada angka US$ 11,8 miliar. Capaian ini menjadi nilai tambah ekonomi kreatif juga menunjukkan jumlah yang signifikan yakni menuju angka Rp1.300 triliun.

Lebih lanjut ia mengatakan pertumbuhan nilai tambah ekonomi kreatif berada di sektor transportasi dan pergudangan. Selain itu sektor jasa seperti penyediaan akomodasi, makanan dan minuman juga diprediksi masih akan tumbuh.

Menurut Sandiaga, hasil Expert Survey untuk outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2024, juga menyebut hasil yang positif. Pakar menilai bahwa industri pariwisata dan ekonomi kreatif memperlihatkan tren yang positif.

"Sebanyak 36 persen optimis 2024 akan bisa melewati angka sebelum pandemi," kata Sandiaga.

Sandiaga menyebut, devisa dari produk ekonomi kreatif telah mencapai US$ 17,4 miliar untuk tahun ini. Amerika Serikat pun masih menjadi tujuan ekspor terbesar dengan produk unggulan seperti fesyen, kriya dan kuliner. 

Kementerian menargetkan devisa produk ekonomi kreatif sebesar US$ 27 miliar. Menurut Sandiaga strategi yang bisa dilakukan adalah dengan promosi melalui Indonesia Spice Up The World maupun dengan program-program untuk mendorong ekspor ekonomi kreatif lainnya. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...