Buruh Siap Mogok 30 November: Desak Gubernur Tak Ubah Kenaikan UMK

Agustiyanti
29 November 2023, 18:16
buruh, mogok nasional, demo buruh
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah massa yang tergabung dari berbagai serikat buruh melakukan unjuk rasa di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta, Senin (2/10). Ratusan ribu buruh akan menggelar aksi mogok nasional pada 30 November 2023.

Ratusan ribu buruh akan menggelar mogok nasional awal pada Kamis (30/11) yang akan digelar di kawasan-kawasan industri di seluruh Indonesia. Mereka menuntut agar para gubernur tidak mengubah besaran kenaikan upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang telah direkomendasikan bupati/walikota. 

Pemerintah kabupaten/kota yang  industri, terutama di Jawa Barat merekomendasikan kenaikan UMK mencapai di atas 10%. Pemerintah Kota Bandung mengusulkan kenaikan UMK paling tinggi sebesar 17%, disusul Kabupaten Bandung 15,81%, Kabupaten Bandung Barat 14,81% Kabupaten dan Kota Bekasi sebesar 14%, Karawang sebesar 13%. 

Advertisement

Rekomendasi kenaikan UMK tersebut jauh berada di atas penetapan kenaikan UMP Jawa Barat yang hanya naik 3,57% sebesar Rp 2.057.495. Meski telah direkomendasikan oleh pemerintah kabupaten/kota, keputusan terkait besaran UMK ditetapkan oleh gubernur. 

Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia atau KSPI Said Iqbal mengatakan, aksi mogok nasional akan digelar oleh ratusan ribu buruh di kota-kota industri yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu poin tuntutan buruh adalah agar gubernur menetapkan UMK 2024 sesuai dengan rekomendasi para bupati atau walikota. 

"Mogok nasional awal akan dilaksanakan pada 30 November mulai jam 09.00 hingga selesai. Ini untuk memastikan agar penetapan UMK tidak berubah dari rekomendasi yang sudah diberikan pemkab/pemkot," ujar Said dalam konferensi pers, Rabu (29/11). 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement