Pengertian UMK dan Perbedaannya dengan UMP

Agustiyanti
1 Desember 2023, 21:20
UMK, UMP
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/nz
Ilustrasi.

Para gubernur telah menetapkan upah minum kabupaten/kota atau UMK 2024 pada Kamis (30/11), setelah sebelumnya menetapkan upah minimum provinsi atau UMP. Rata-rata kenaikan UMK lebih tinggi dibandingkan UMP yang hanya mencapai sekitar 3%. 

Apa sebenarnya pengertian UMK?

UMK adalah singkatan dari upah minimum kabupaten/kota. Upah minimum sendiri merupakan upah bulanan terendah berupa upah tanpa tunjangan atau upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman. 

Advertisement

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang pengupahan, pemerintah mengatur upah minumum yang terdiri dari upah minimum provinsi atau UMP dan upah minimum kabupaten/kota atau UMK. Penetapan keduanya dilakukan oleh gubernur. 

Apa Beda UMK dan UMP?

UMP adalah standar upah minimum atau paling kecil yang berlaku di sebuah provinsi. Dengan demikian, UMK sebuah daerah yang ditetapkan harus lebih besar atau minimal sama dengan UMP. 

PP Nomor 51 Tahun 2023 menegaskan bahwa upah minimum sebenarnya hanya berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari satu tahun dengan kualifikasi tertentu yang disyaratkan dalam jabatan upah lebih besar daripada upah minimum. 

Sementara itu, upah pekerja/buruh dengan masa kerja satu tahun berpedoman pada struktur dan skala upah. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement