Eks Wamendag Bayu Krisnamurthi jadi Dirut Perum Bulog

Agustiyanti
2 Desember 2023, 07:00
perum bulog, bayu krisnamurthi, dirut perum bulog
Arief Kamaludin|KATADATA
Eks Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi ditunjuk sebagai direktur utama Perum Bulog.

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat mantan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi sebagai direktur utama Perum BULOG. Bayu yang sebelumnya menjabat sebagai ketua dewan pengawas perum Bulog menggantikan Budi Waseso.

Penunjukkan Bayu diputuskan melalui Surat Keputusan Menteri BUMN nomor SK-341/MBU/12/2023 tanggal 1 Desember 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perum BULOG. Surat keputusan ini diterbitkan pada hari yang sama Budi Waseso ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia Tbk melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). 

Dalam surat keputusan tersebut, Erick Thohir juga menambah satu direksi di Perum BULOG yaitu Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan. Jumlah direksi Perum BULOG kini menjadi 6 direksi dari sebelumnya 5 direksi.

Budi Waseso mengatakan selaku abdi negara menerima segala kebijakan dari pemerintah dan dia bersyukur telah memimpin Bulog selama 5 tahun lebih."Saya percaya pengganti Bulog lebih baik dan meneruskan transformasi yang sudah berjalan", kata Budi Waseso usai serah terima jabatan melalui zoom pada pukul 19.00 wib yang berlangsung singkat dan dihadiri oleh direksi lama dan direksi baru BULOG.

Bayu Krisnamurthi menilai transformasi Bulog di masa Budi Waseso sudah berjalan dengan baik. Ia juga memuji kepemimpinan Buwas karena mampu membawa Bulog melewati masa sulit dan menjaga institusi yang kuat.

Usai melaksanakan serat terima jabatan, Bayu menggelar rapat terbatas singkat dengan direksi lama dan baru untuk membahas langkah- langkah selanjutnya dalam menentukan strategi Bulog ke depan, terutama untuk menghadapi Nataru dan kompleksitas global.

Bersamaan dengan penggantian susunan direksi Perum BULOG, Menteri BUMN Erick Tohir juga mengangkat Arief Prasetyo Adi sebagai ketua dewan pengawas Perum BULOG menggantikan Bayu Krisnamurthi.

Susunan direksi Perum BULOG :

Direktur Utama : Bayu Krisnamurthi
Direktur Keuangan : Bagya Mulyanto
Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik : Mokhamad Suyamto
Direktur Bisnis : Febby Novita
Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan : Sonya Mamoriska

Susunan Dewan Pengawas Perum BULOG

Ketua : Arief Prasetyo Adi
Anggota Independen : Dian Safitri
Anggota Independen : Donny Gahral Adian
Anggota : Musdhalifah Machmud
Anggota Independen : Zainut Tauhid
Anggota : Fadjry Djufry

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...