Dibahas di Debat Capres, Berapa Anggaran Subsidi Pupuk di era Jokowi?

Sorta Tobing
14 Desember 2023, 11:53
pupuk, subsidi pupuk, pupuk bersubsidi, jokowi
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/foc.
Presiden Joko Widodo berbincang dengan petani saat kunjungan kerja di area persawahan Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12/2023). Dalam kunjungan itu, selain meninjau petani menanam padi, Presiden Joko Widodo bersama Menteri dan Pemda setempat berdialog dengan petani mengenai kondisi persawahan dan pupuk pertanian di Kabupaten Pekalongan.

Presiden Joko Widodo berjanji akan menambah subsidi pupuk. Namun, ia belum bisa memberitahu angka penambahan subsidi tersebut.

Selain itu, Jokowi juga bakal menyederhanakan prosedur agar petani mudah mendapatkan pupuk bersubsidi. "Asal di KTP (kartu tanda penduduk) ada tulisan petani," katanya di Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (13/12). 

Rencana tersebut muncul sehari usai debat pertama calon presiden Pemilu 2024. Dalam debat tersebut, calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto, dengan calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, sempat saling merespon terkait kelangkaan subsidi pupuk.

Mulanya, Prabowo bertanya terkait perlindungan kelompok rentan, seperti petani dan pelayan. "Setelah saya keliling di Jawa Tengah, petani di situ sulit dapat pupuk," ucapnya. "Dan mereka mengeluh kartu tani yang Bapak luncurkan mempersulit mereka dapat pupuk."

Menjawab pertanyaan Prabowo, Ganjar menyebut kelangkaan pupuk terjadi bukan hanya di Jawa Tengah saja.

Anggaran Subsidi Pupuk era Jokowi vs SBY

Sejak 2019, tren belanja subsidi pupuk Indonesia menurun dari Rp 34,1 triliun menjadi Rp 31,1 triliun pada 2020. Angkanya terus menurun hingga Rp 25,3 triliun pada 2023. Padahal, pemberian subsidi ini menjadi bentuk komitmen pemerintah dalam membantu petani.

 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...