Jokowi Targetkan MRT Rute Bundaran HI-Harmoni Rampung pada 2027

Muhamad Fajar Riyandanu
15 Desember 2023, 12:00
mrt, jokowi, jakarta
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek MRT Jakarta fase 2A, Jumat (15/12). Foto: Muhammad Fajar Riyandanu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini memantau progres pekerjaan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 2A trayek Stasiun Bundaran HI-Harmoni. Ia menargetkan Fase 2A segmen satu bisa rampung pada 2027. 

Proyek MRT Jakarta Fase 2A dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029.

Secara keseluruhan, Fase 2A menghubungkan stasiun Bundaran HI dengan tujuh stasiun bawah tanah lanjutan yakni Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota sepanjang 5,8 kilometer.

Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Indonesia dan Jepang. Saat ini pembangunan Stasiun Monas telah masuk ke tahap pekerjaan pengecoran lantai peron stasiun, pengecoran tangga akses, hingga pemasangan sistem listrik dan pipa air.

"Untuk fase 2A dari Bundaran HI menuju ke kota dari target perencanaan 27% sekarang sudah mencapai 28,4% lebih dari target, saya kira bagus," kata Jokowi usai meninjau Proyek MRT Jakarta Fase 2 di Monas, Jakarta Pusat pada Jumat (15/12).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...