Pengusaha Soroti Performa Capres di Debat soal Ekonomi 22 Desember

Andi M. Arief
21 Desember 2023, 13:55
apindo, capres, cawapres
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Shinta Kamdani mengatakan debat kedua capres pada 22 Desember akan menunjukkan pemahaman masing-masing capres dan cawapres terkait fakta-fakta lapangan kondisi ekonomi Indonesia.

Asosiasi Pengusaha Indonesia atau Apindo akan menyoroti paparan visi-misi masing-masing calon wakil presiden dalam Debat Cawapres 2024 besok pada Jumat (22/12). Apindo ingin melihat pengetahuan masing-masing calon terhadap fakta lapangan di sektor ekonomi.

Ketua Umum Apindo Shinta W Kamdani menilai visi-misi semua cawapres sudah baik lantaran sesuai dengan peta jalan perekonomian 2024-2029 yang diberikan Apindo ke masing-masing calon. Oleh karena itu, Shinta mengaku akan menyoroti visibilitas implementasi visi-misi masing-masing calon dalam debat besok.

"Tidak semua calon punya latar belakang ekonomi, tapi yang penting pengetahuan yang sebenarnya terjadi di lapangan," kata Shinta di kantornya, Kamis (21/12).

Shinta menilai topik ekonomi yang dipilih dalam debat Cawapres 2024 besok cukup bagus. Tema yang dibahas dalam debat tersebut mencakup isu ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Komisi Pemilihan Umum atau KPU menyatakan debat cawapres nanti akan dilaksanakan sama seperti debat perdana capres yang digelar beberapa waktu lalu, yakni terdiri dari enam segmen dan berdurasi 120 menit.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengungkapkan hal itu usai melakukan rapat dengan tim dari tiga pasangan calon di Kantor KPU, Jakarta Pusat, pada Senin (18/12). Ia mengatakan nantinya debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB.

"Sebagaimana yang sudah kita ikuti bersama pada debat yang pertama, debat capres, nanti format debatnya persis seperti itu, jadi ada 6 segmen," kata Hasyim.

Segmen pertama debat nantinya akan diisi oleh pemaparan visi misi serta program kerja calon wakil presiden. Dilanjutkan dengan segmen dua dan tiga dengan sesi pengajuan pertanyaan yang disusun panelis dan disampaikan oleh moderator.

Masing-masing cawapres saling mengajukan pertanyaan pada segmen keempat dan kelima. Lalu pada segmen keenam,  para cawapres menyampaikan closing statement-nya sebagai suatu kesimpulan. Hasyim juga mengungkapkan nama 11 panelis dan 2 moderator dalam debat perdana cawapres nanti.

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...