Luhut Kembali Kerja, Bahas Strategi Indonesia jadi Negara Maju

Agustiyanti
22 Desember 2023, 11:18
Luhut, luhut pandjaitan, indonesia negara maju
Youtube/Kemenkomarves
Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kematiriman Luhut Binsar Pandjaitan saat memimpin konferensi pers akhir tahun pada Jumat (22/12).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kembali muncul dan bertugas setelah sempat sakit dan menjalani perawatan di Singapura. Luhut memimpin konferensi pers akhir tahun membahas strategi yang perlu dilakukan Indonesia untuk mengejar target menjadi negara maju pada 2045. 

"Saya sudah kembali treadmill 30-40 menit sehari, plank juga. Tetapi saya mencoba untuk bekerja tidak seperti sebelumnya karena lima bulan ini butuh recovery penuh," ujar Luhut dalam konferensi pers, Jumat (22/12). 

Luhut mengatakan, sudah kembali ke Indonesia sejak 10 hari lalu dan melapor kepada Presiden Joko Widodo untuk kembali bekerja di Kabinet Indonesia Maju. Luhut mengaku mendapat pesan dari Jokowi untuk membantu mempersiapkan transisi pemerintahan ke presiden berikutnya untuk membantu mengejar target menjadikan Indonesia negara maju pada 2045. 

Menurut dia, 5-10 tahun ke depan adalah waktu yang penting untuk Indonesia memastikan dapat mencapai target sebagai negara maju pada 2045. Pada periode pemerintahan berikutnya itu, ekonomi Indonesia harus tumbuh di atas 6%. 

"Indonesia punya visi tinggi menjadi negara berpenghasilan tinggi. Kita harus tumbuh di atas 6% untuk mencapai target itu," kata Luhut. 

Ia menyebut pemerintah berpacu dengan waktu untuk mencapai target menjadi negara maju. Ini karena bonus demografi akan berakhir pada 2030 dan populasi Indonesia akan didominasi oleh orang tua. 

"Kami menyiapkan data-data yang diminta Presiden Joko Widodo untuk membantu pemerintahan berikutnya," kata Luhut. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...