Menilik Skandal Keamanan dan Keselamatan Mobil Daihatsu

Lona Olavia
30 Desember 2023, 10:24
Menilik Skandal Keamanan dan Keselamatan Mobil Daihatsu
Daihatsu
Sesuai dengan temanya, Drive AdvenTERIOSly, Terios dibekali mesin 2NR-VE DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.500 cc.\

Daihatsu, produsen mobil Jepang milik Toyota, telah menghentikan produksi dalam negeri setelah mengakui pihaknya memalsukan hasil uji keselamatan kendaraannya selama lebih dari 30 tahun.

Penutupan ini akan berlangsung setidaknya hingga akhir Januari dan berdampak pada 9.000 karyawan Daihatsu Jepang.

Merek tersebut yang terkenal karena memproduksi mobil penumpang kecil, telah menghentikan produksi di keempat pabriknya di Jepang pada hari Selasa (26/12), termasuk satu di kantor pusatnya di Osaka, kata seorang juru bicara kepada CNN dikutip Sabtu (30/12).

Langkah ini dilakukan ketika Daihatsu bergulat dengan skandal keselamatan yang semakin parah yang menurut Toyota telah mengguncang fondasi perusahaan.

Pekan lalu, Daihatsu mengumumkan komite pihak ketiga yang independen telah menemukan bukti adanya gangguan pada uji keselamatan pada 64 model kendaraan, termasuk yang dijual dengan merek Toyota. 

Skandal ini merupakan pukulan lain bagi produsen mobil tersebut, yang pada bulan April telah mengakui pelanggaran standar uji tabrak pada lebih dari 88.000 mobil. Sebagaian besar dijual dengan merek Toyota di negara-negara seperti Malaysia dan Thailand.

Dalam kasus tersebut, “lapisan dalam pintu kursi depan tidak dimodifikasi dengan benar” untuk beberapa pemeriksaan. Sementara Daihatsu tidak mematuhi persyaratan peraturan untuk uji tabrakan samping tertentu, katanya dalam sebuah pernyataan pada saat itu. 

Pada bulan Mei, pembuat mobil tersebut mengatakan bahwa mereka telah menemukan lebih banyak kesalahan, mengungkapkan bahwa mereka telah mengirimkan data yang salah untuk uji tabrakan pada dua kendaraan listrik hibrida.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...