Pengguna Daihatsu di Indonesia Diminta Tenang, Regulasi Terpenuhi

Lona Olavia
30 Desember 2023, 13:34
Pengguna Daihatsu di Indonesia Diminta Tenang, Regulasi Terpenuhi
Arief Kamaludin|KATADATA
Stand pamer mobil Daihatsu di ajang GIIAS 2017, Kamis, (10/08)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta pengguna Daihatsu untuk tetap tenang dan menggunakan kendaraannya seperti biasa. Hal itu sembari menunggu hasil uji pencuplikan atau sampling yang akan dilakukan Kementerian Perhubungan. 

“Kementerian Perdagangan dan pemangku kepentingan lainnya akan terus berupaya menegakkan perlindungan konsumen,” ujar Direktur Jenderal PKTN Moga Simatupang dalam keterangan resmi, Sabtu (30/12).

Kemendag melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) bertemu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk meminta klarifikasi terkait maraknya pemberitaan dugaan skandal uji keselamatan kendaraan merek Daihatsu. Pertemuan diadakan di kantor Kemendag, Jakarta, Jumat (29/12). 

“Kementerian Perdagangan juga meminta PT ADM lebih memperhatikan kendaraan bermotor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia agar aman digunakan oleh konsumen Indonesia,” ujar Moga.

Sementara Executive Officer, Corporate Function Directorate PT ADM Johan memastikan, semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan keselamatan. Daihatsu juga diklaimnya telah memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Selain itu, pengiriman domestik sudah dilakukan mulai 22 Desember 2023. Kemudian, PT ADM juga telah kembali melakukan pengiriman secara normal mulai 26 Desember 2023 ke lebih dari 60 negara tujuan ekspor yang telah memberikan konfirmasi karena telah disetujui otoritas negara tujuan ekspor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...