Pajak Rokok Elektrik Berlaku, Produsen Vape akan Gugat Pemerintah

Andi M. Arief
2 Januari 2024, 13:27
pajak rokok, pajak rokok elektrik, vape
ANTARA FOTO/Mecca Yumna/wpa/foc.
Seorang penjual melayani pelanggan dengan latar belakang berbagai jenis produk vape di sebuah toko rokok elektrik di Cikini, Jakarta, Senin (1/1/2024). Pemerintah mulai memberlakukan pajak rokok elektrik per 1 Januari 2024,
Button AI Summarize

Asosiasi Personal Vaporizer Indonesia akan menempuh jalur hukum untuk menolak pajak rokok Elektrik yang mulai berlaku kemarin, Senin (1/1/2024). Asosiasi mengaku tidak dilibatkan dalam penyusunan beleid tersebut.

Ketua Umum APVI Garindra Kartasasmita telah mengirimkan empat surat kepada pemerintah terkait permintaan penundaan Pajak Rokok Elektrik menjadi 2027. Garindra menilai Kementerian Keuangan melakukan penafsiran sepihak terhadap Undang-Undang No. 1 Tahun 2022 yang menjadi dasar pemungutan Pajak Rokok Elektrik.

"Sejauh ini, ada sekitar empat surat yang kami kirim. UU No. 1 Tahun 2022 tidak menyebut satu kata pun yang berbunyi rokok elektrik. Ada kemungkinan kami akan tempuh jalur hukum, tentunya kami akan berkoordinasi dulu dengan seluruh elemen rokok elektrik," kata Garindra kepada Katadata.co.id, Selasa (2/1/2024).

Aturan pajak rokok elektrik tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 143 Tahun 2023 tentang Tata Cara Pemungutan, Pemotongan, dan Penyetoran Pajak Rokok. Pajak yang akan dikenakan pada rokok elektrik adalah 10% dari cukai rokok. Di sisi lain, cukai rokok elektrik juga naik 15% pada tahun ini.

Oleh karena itu, Garindra menyampaikan pengenaan Pajak Rokok Elektrik pada tahun ini memberatkan industri rokok elektrik. Sebab, kenaikan cukai rokok elektrik telah menaikkan harga jual eceran rokok elektrik hampir 20%.

"Pengenaan pajak rokok elektrik yang ditetapkan pada akhir bulan desember ini tidak terantisipasi dan sangat mengejutkan. Pajak rokok ini sangat memberatkan bagi kami karena hadir pada saat cukai dan harga jual eceran naik sangat tinggi," ujarnya.

Laporan perusahaan data pasar dan konsumen, Statista, bertajuk Statista Consumer Insights menunjukkan, Indonesia merupakan negara pengguna rokok elektrik alias vape terbanyak di dunia. Tercatat, 25% responden asal Indonesia mengatakan menggunakan rokok elektrik berbentuk pena tersebut setidaknya sesekali.

“Di Indonesia, sebanyak 1 dari 4 orang yang disurvei oleh Statista Consumer Insights mengatakan pernah menggunakan vape setidaknya sesekali,” kata Statista dikutip dari lamannya, Rabu (31/5/2023).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...