Mendag Zulhas Evaluasi Harga Minyak Kita Bulan Depan

Andi M. Arief
4 Januari 2024, 13:38
harga minyak goreng, het minyak kita, harga minyak kita
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Ilustrasi. Harga Minyak Kita saat ini setara dengan HET minyak goreng curah. Adapun HET minyak goreng curah saat ini adalah Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram.
Button AI Summarize

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan mengevaluasi Harga Eceran Tertinggi atau HET Minyak Goreng Curah pada bulan depan. Menurutnya, evaluasi tersebut untuk menyesuaikan harga Minyak Kita di pasar.

Harga Minyak Kita saat ini setara dengan HET minyak goreng curah. Adapun HET minyak goreng curah saat ini adalah Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram. Zulhas mencatat, HET minyak goreng curah belum diubah selama dia menjabat sebagai Menteri Perdagangan atau selama 1,5 tahun.

"Harga Minyak Kita bulan depan akan kami evaluasi karena sudah 1,5 tahun. Pada Februari 2024 akhir akan ditentukan apakah harga Minyak Kita harus tetap Rp 14.000 per liter atau disesuaikan jadi Rp 15.000 per liter," kata Zulhas dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (4/1).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim sebelumnya tengah mempertimbangkan penyesuaian harga eceran tertinggi minyak goreng curah sebagai keberlanjutan Program Minyak Goreng Rakyat. Penyesuaian HET dibutuhkan agar harganya dapat mengikuti inflasi.  

Program Minyak Goreng Rakyat bertujuan untuk menjaga ketersediaan minyak goreng curah di dalam negeri. Hal tersebut dilakukan dengan penerbitan aturan kewajiban pasar domestik atau DMO dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 33 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Program Minyak Goreng Curah Rakyat.

Badan Pangan Nasional mendata rata-rata nasional harga minyak goreng curah telah mencapai Rp 14.670 per liter pada hari ini, Kamis (4/1). Harga minyak goreng curah tertinggi ditemukan di Maluku Utara senilai Rp 20.000 per liter, sedangkan terendah ada di Kalimantan Selatan atau hanya Rp 13.380 per liter.

Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia atau Gimni menyatakan naiknya harga minyak goreng bukan berasal dari pabrikan. Sebab, harga minyak sawit mentah atau CPO di dalam negeri tidak berubah dari Agustus 2023 yang senilai Rp 11.300 per kilogram.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...