KNKT Ungkap Hasil Investigasi Kecelakaan Kereta Turangga Pekan Depan

Andi M. Arief
5 Januari 2024, 16:03
KA turangga, kecelakaan kereta, kecelakaan kereta api, tabrakan kereta
Antara
Kereta Api Turangga tabrakan dengan Kereta Api Commuterline Bandung Raya di Cicalengka Kabupaten Bandung, Jumat (5/1).
Button AI Summarize

Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT telah mengirimkan tim investigasi untuk menyelidiki penyebab kecelakaan Kereta Api atau KA Turangga dan KA Commuter Line Bandung Raya hari ini, Jumat (5/1). Tim tersebut akan mengumpulkan data dan informasi faktual hingga awal pekan depan, Senin (8/1).

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, tim investigasi tersebut terdiri dari Investigator in Charge Gusnaedi Rachmanas, serta Anggota Investigasi yang terdiri dari Aditya W.S. Yudishtira, dan Tenaga Ahli Investigasi Agus Marson. Tim investigasi tersebut akan mengambil keterangan para saksi dan hasil investigasi di lapangan.

"Kami akan melakukan analisis menyeluruh terhadap faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kejadian kecelakaan, serta melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait," kata Soerjanto dalam keterangan resmi, Jumat (5/1).

Soerjanto berkomitmen bahwa hasil penyelidikan lembaga akan memberikan pencerahan yang memadai kepada masyarakat. Selain itu, hasil investigasi akan menghasilkan rekomendasi tindakan yang tepat untuk meningkatkan keselamatan transportasi kereta api di dalam negeri.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal mengatakan, proses evakuasi terus dilakukan bersama PT Kereta Api Indonesia. Menurutnya, prioritas evakuasi saat ini adalah penanganan korban terdampak.

Risal mencatat, korban jiwa akibat kecelakaan kereta api di lintas Cicalengka-Haurpugur telah mencapai empat orang hingga siang hari ini, Jumat (5/1). Korban tersebut adalah Masinis Kereta Api Lokal Padalarang-Cicalengka Julian Dwi Setiono, Asisten Masini Kereta Api Lokal Padalarang-Cicalengka Ponisan, Pramugara Kereta Api Turangga Andrian, dan seorang Petugas Keamanan Stasiun Cimekar.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...