Daftar Terbaru Investor IKN: Ada Grup Djarum, Wings, hingga Alfamart

Andi M. Arief
5 Januari 2024, 17:16
IKN, investor, ikn nusantara
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Suasana pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (2/11/2023). Presiden Joko Widodo mengatakan nilai investasi di IKN telah mencapai Rp45 triliun dari dalam negeri.
Button AI Summarize

Otorita Ibu Kota Nusantara atau OIKN mencatat terdapat sejumlah investor lokal yang telah dan siap menanamkan investasinya di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Beberapa di antaranya adalah Grup Djarum, Wings, dan Alfamart yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara. 

1. Konsorsium Nusantara

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono menjelaskan, investasi yang dilakukan Konsorsium Nusantara dilakukan dalam berbagai proyek, baik komersial maupun nonkomersial.

"Konsorsium Nusantara bisa termasuk dalam mengembangkan kawasan di IKN lewat berbagai pembangunan lainnya, seperti Botanical Garden dalam waktu dekat nanti," kata Agung kepada Katadata.co.id, Jumat (5/1).

Konsorsium Nusantara kini terdiri dari 12 grup konglomerat di dalam negeri, yakni Agung Sedayu Group, Salim Group, Astra Group, Sinar Mas Group, Kawan Lama Group, Mulia Group, Pulau Intan, Alfa Group, Barito Pacific, Adaro Group, Djarum Group, dan Wings Group.

Dalam paparan OIKN yang disampaikan akhir tahun lalu, Konsorsium Nusantara berkomitmen dalam membangun hotel, sarana belanja, dan hotel. Konsorsium tercatat berpartisipasi dalam groundbreaking tahap pertama pada September 2023 dengan perkembangan konstruksi mencapai 35% pada akhir tahun lalu.

2. Grup Pakuwon

Investor domestik lain yang berinvestasi di IKN adalah Grup Pakuwon. Perusahaan properti milik Alexander Tedja tersebut tercatat berkomitmen membangun superblok bertajuk Pakuwon Nusantara bersama Marriott Hotel.

Lokasi Pakuwon Nusantara direncanakan berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN dengan nilai investasi Rp 5 triliun. Luas lahan proyek tersebut adalah 7,2 hektare yang berada di tepat depan Tugu Titik Nol.

Superblok Pakuwon Nusantara akan terdiri dari tiga hotel, mal, dan apartemen. Secara rinci, hotel yang dibangun adalah Hotel Four Points by Sheraton, Hotel Tribute Portfolio by Marriott, dan Hotel Westin.

Konsep pembangunan pusat perbelanjaan Pakuwon Nusantara ini akan mengusung desain yang menyatu dengan konsep teras langit. Adapun pemandangannya adalah lembah dan sungai yang berada tepat di samping gedung pusat perbelanjaan.

3. Grup Pakubuwono

Investor lokal lainnya yang juga berkomitmen membangun di IKN adalah Pakubuwono Group. Grup real estate ini akan membangun  apartemen The Pakubuwono yang dirancang untuk menjadi pelopor hunian vertikal hijau di Nusantara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...