Bank Tanah Siapkan Lahan Relokasi Warga Terdampak Proyek Bandara IKN

Agustiyanti
11 Januari 2024, 13:07
IKN, IKN nusantara, Bank tanah
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Bank Tanah menyiapkan lahan relokasi bagi warga Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur, yang terkena proyek pembangunan Bandara Naratetama  atau very very important person/VVIP di IKN. 

"Sejumlah kelurahan di Kecamatan Penajam masuk dalam area pengembangan prasarana penunjang Kota Nusantara, ibu kota negara masa depan Indonesia," ujar Pimpinan Proyek Badan Bank Tanah Kabupaten Penajam Paser Utara Syafran Zamzami di Penajam, Kamis (11/1). 

Ia menjelaskan, pemerintah pusat saat ini tengah melakukan pembangunan Bandara Naratetama dan jalan tol yang menjadi prasarana transportasi di IKN Nusantara. Wilayah yang terkena proyek pembangunan prasarana ibu kota negara itu, antara lain, Kelurahan Maridan, Gersik, dan Pantai Lango di Kecamatan Penajam

"Kami siapkan lahan sekitar 400 hektare untuk relokasi warga yang terkena proyek pembangunan prasarana pendukung Kota Nusantara itu" ujarnya. 

Ia menegaskan, Bank Tanah hanya menyiapkan lahan. Sementara yang memiliki kewenangan menentukan warga yang berhak serta membagikan lahan tersebut adalah Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di bawah kendali kepala daerah setempat. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...