Jokowi Tanam Meranti hingga Groundbreaking Nusantara Block di IKN

Ameidyo Daud Nasution
20 Desember 2023, 21:48
jokowi, ikn, ibu kota baru
Antara
Presiden Joko Widodo menanam pohon di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (20/12). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo menanami kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan sejumlah pohon. Penanaman dilakukan di area Sumbu Kebangsaan dan dilakukan bersama 200 peserta yang terdiri dari pekerja konstruksi serta pecinta lingkungan.

Adapun, tanaman yang ditanam Jokowi adalah pohon meranti tambaga. Setelah itu, Jokowi meninjau progres pembangunan Sumbu Kebangsaan.

Beres peninjauan, Jokowi melakukan penanaman pohon bersama dengan masyarakat dan siswa di lokaso rehabilitasi hutan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

"Dalam rangka membangun kembali reforestasi, penghutanan kembali untuk mendapatkan hutan hujan tropis," kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Rabu (20/12).

Jokowi mengatakan pembangunan IKN harus mengedepankan penghijauan. Apalagi konsep Nusantara adalah Forest City atau kota di tengah hutan.

"Artinya kawasan ini harus hijau, lingkungan di sini juga harus hijau, dan yang terakhir gedungnya juga harus hijau," kata Jokowi.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyaksikan groundbreaking Nusantara Superblock. Kawasan superblok yang dikembangkan PT Wulandari Bangun Laksana Tbk ini di atas lahan seluas 7,5 hektare.

Nusantara Superblock terdiri dari pusat perbelanjaan dengan luas 40 m3, hotel bintang 5 dengan jumlah kamar 215 unit, hotel bintang 4 dengan jumlah kamar 200 unit, 8 tower apartemen, dan 2 tower perkantoran.

"Investasinya besar, Rp 3 triliun," kata Jokowi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...