Kronologi Pesawat Garuda Jakarta-Melbourne Balik Arah

Image title
Oleh Antara
11 Januari 2024, 14:23
Logo Garuda Indonesia terlihat di pesawat Airbus A330 yang terparkir di kantor pusat Airbus di Colomiers dekat Toulouse, Prancis, 15 November 2019.
ANTARA FOTO/REUTERS/Regis Duvignau/File Ph
Logo Garuda Indonesia terlihat di pesawat Airbus A330 yang terparkir di kantor pusat Airbus di Colomiers dekat Toulouse, Prancis, 15 November 2019.
Button AI Summarize

Pesawat Garuda Indonesia GA 716 rute Jakarta-Melbourne memutuskan putar balik atau return to base (RTB) pada Sabtu lalu. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyebut langkah tersebut ditempuh demi keselamatan penumpang.

"Dengan mempertimbangkan aspek safety maka pilot in command (PIC) berkoordinasi dengan operation control center (OCC) dan memutuskan untuk kembali mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan kondisi baik untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut," ujar Irfan saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Kamis (11/1).

Keputusan putar balik ke bandara awal juga mempertimbangkan kemudahaan koordinasi penyediaan kebutuhan suku cadang dan pesawat pengganti. Setelah melakukan pemeriksaan, para penumpang diberangkatkan kembali dengan pesawat pengganti esok harinya. 

Kronologi Pesawat GA 716 Balik Arah

Penerbangan GA 716 yang memakai pesawat Airbus 330-300 berangkat tepat waktu dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, pukul 19.00 WIB. Pesawat ini dijadwalkan tiba di Melbourne, Australia, pukul 05.30 waktu setempat. 

Beberapa jam setelah pesawat menguadara, pilot melihat indikator pada kokpit menunjukkan kondisi hidrolik memerlukan pengecekan dan penanganan. Pesawat lalu melakukan RTB dan mendarat kembali di Bandara Soekarno Hatta pada pukup 00.25 WIB. 

Para penumpang lalu berangkat dengan pesawat Airbus 330-900 Neo pukul 02.45 WIB. Pesawat pengganti ini tiba di Bandara Internasional Melbourne pukul 13.10 waktu setempat. "Garuda Indonesia juga memastikan para penumpang terdampak telah mendapatkan service recovery sesuai dengan aturan yang berlaku," kata Irfan.

Garuda Indonesia meminta permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para penumpang. Perusahaan akan melakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penerapan keselamatan dalam seluruh aspek penerbangan dapat terimplementasikan secara optimal.

Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...