Pengelolaan Sampah dan Air Limbah di IKN Beroperasi Agustus 2024

Image title
Oleh Antara
17 Januari 2024, 09:16
Foto udara lahan yang akan dibangun Mabes TNI AL di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Laut laksamana TNI Muhammad Ali luas
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Foto udara lahan yang akan dibangun Mabes TNI AL di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). Menurut Kepala Staf TNI Angkatan Laut laksamana TNI Muhammad Ali luas lahan bakal wilayah Mabesal di IKN Nusantara sekitar 13 hektare.
Button AI Summarize

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) di Ibu Kota Nusantara atau IKN, Kalimantan Timur beroperasi pada Agustus 2024.

"Jangan sampai ada keterlambatan dalam konstruksi IPAL maupun TPST. Keduanya harus bisa mulai beroperasi Agustus tahun 2024 ini," ujar Basuki di Jakarta, Rabu (17/1). 

IPAL yang sudah mulai dibangun berada di 3 lokasi, yakni IPAL 1,2, dan 3. Total kapasitas akan mencapai 5.000 m3/hari dan melayani Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

Kontruksi IPAL 1,2, dan 3 di IKN sudah mulai dikerjakan sejak awal Desember 2023 dengan progres saat ini 14,56%. Anggaran pembangunannya sebesar Rp 638,8 miliar.

Skema pengolahan air limbah IKN Nusantara menggunakan teknologi Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR), yang mana air limbah domestik dialirkan melalui jaringan perpipaan menuju IPAL untuk diolah secara terpadu dengan TPST, sehingga menghasilkan standar influen (baku mutu) yang memenuhi persyaratan.

Halaman:
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...