PUPR Kebut Pembangunan Jalan Tol IKN Tahap 1 Rampung Juli Tahun Ini

Syahrizal Sidik
20 Januari 2024, 10:14
PUPR Kebut Jalan Tol Menuju IKN Tahap 1 Rampung Sebelum Agustus
Foto: Dokumentasi KemenPUPR
Kementerian PUPR menargetkan jalan tol menuju IKN tahap I akan rampung pada Juli 2024.
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tahap pertama akan rampung pada Juli tahun ini. 

Hal ini disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau jaringan jalan menuju IKN pada Kamis pekan ini. Jaringan jalan ini menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN di Penajam Paser Utara, utamanya melintasi Jalan Tol IKN dan Jembatan Pulau Balang. 

Menteri Basuki mengingatkan agar pekerja konstruksi memperhatikan dan memastikan kualitas, karena Jalan Tol IKN ini harus lebih baik kualitasnya dibandingkan jalan tol lain sebelumnya dibangun. 

“Jika ada kendala, segera identifikasi dan perbaiki. Pada Juli 2024 harus sudah selesai untuk tahap 1 dan bisa dioperasikan,” kata Menteri Basuki, dalam keterangan pers, Sabtu (20/1).

Pembangunan Jalan Tol IKN tahap 1 saat ini sudah berjalan pada tiga seksi, yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 48%, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 57%, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 67%. Ketiga seksi ini ditargetkan rampung dan fungsional pada Juli 2024.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...