Skema Tiket Dinamis Akan Berlaku, Naik Whoosh Bisa Hanya Rp 150 Ribu

Andi M. Arief
29 Januari 2024, 11:30
Penumpang Whoosh
KCIC
Penumpang Kereta Cepat Whoosh.
Button AI Summarize

PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) akan menjual tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh senilai Rp 150 ribu pada akhir pekan ini, Minggu (3/2). Namun, tiket ini hanya dapat dimiliki penumpang pada waktu tertentu saja.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, harga tiket kereta tersebut merupakan hasil penerapan skema dynamic pricing atau harga dinamis. Dengan kata lain, tiket yang ditawarkan akan ditetapkan berdasarkan waktu-waktu tertentu.

"Dalam skema baru ini dimungkinkan dalam satu hari terdapat beberapa tarif yang berbeda untuk perjalanan Whoosh," kata Eva dalam keterangan resmi, Senin (29/1).

Skema dynamic pricing khusus berlaku pada kelas Premium Economy. Ada empat pilihan harga, yaitu Rp 150 ribu, Rp 175 ribu, Rp 200 ribu, Rp 225 ribu, dan Rp 250 ribu per pejalanan.

Faktor yang akan mempengaruhi harga tiket adalah jam sibuk, momen liburan, atau perjalanan dilakukan pada akhir pekan. Eva mengatakan harga tiket Whoosh akan lebih murah jika di luar ketiga momen tersebut.

Eva mendata total penumpang Whoosh telah mencapai 1,4 juta orang sejak dioperasikan hingga akhir pekan lalu, Sabtu (27/1). Rata-rata okupansi setiap perjalanan bergerak antara 60% sampai 80%.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...