Investor Asing Lirik Pembangunan 2 Bendungan, Butuh Dana Rp5,4 Triliun

Andi M. Arief
6 Februari 2024, 08:33
Bendungan
ANTARA FOTO/Muhammad Mada/tom.
Foto udara suasana Bendungan Semantok di Rejoso, Nganjuk, Jawa Timur, Rabu (3/1/2024).
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR akan melelang proyek Bendungan Bodri dan Bendungan Merangin dengan konsep Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha. Pemerintah mencatat kini ada belasan perusahaan nasional dan asing yang tertarik dalam proyek bendungan yang akan dilelang akhir 2024.

Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Sumber Daya Air PUPR Arvi Argyantoro mengatakan ada 11 investor yang berminat dalam proyek Bendungan Merangin. Ia menyebut bendungan Merangin memiliki skema pengembalian campuran, yakni Availability Payment dan tariff.

"Bendungan Merangin punya potensi sebagai pembangkit listrik yang sudah kami perhitungkan. Jadi, nanti pengembalian investasinya dicampur antara AP dan tariff yang akhirnya bisa mengurangi nilai AP," kata Arvi di Road to World Water Forum 2024, seperti dikutip Selasa (6/2).

Secara singkat, AP adalah pembayaran secara berkala oleh pemerintah kepada investor hingga modal dan pengembalian investasi tercapai. Sementara itu, tariff adalah skema pengembalian investasi dari pengusahaan sebuah proyek infrastruktur.

Kementerian PUPR mendata lokasi pembangunan Bendungan Merangin adalah Jambi dengan estimasi investasi Rp 3,73 triliun. Pemenang lelang proyek akan memiliki konsesi Bendungan Merangin selama 30 tahun dengan pengembalian investasi atau IRR sebesar 10%.

Arvi mengakui tingkat IRR Bendungan Merangin terbilang kecil, namun IRR proyek tersebut masih lebih tinggi dari biaya konstruksi atau weighted average cost of capital (WACC) Bendungan merangin. Dengan kata lain, Arvi menekankan Bendungan Merangin tetap akan menghasilkan keuntungan.

Ia menilai Bendungan Merangin juga diminati investor asing dari beberapa negara, seperti Korea Selatan, Cina, dan Jerman. "Selisih antara IRR dan WACC Bendungan Merangin kecil, tapi saat market consultation atau market sounding proyek tersebut sudah ada 11 investor yang tertarik," ujar Arvi. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...