Akses Tol Menuju Stasiun Kereta Cepat Halim Ditutup Permanen Hari Ini

Agustiyanti
18 Februari 2024, 08:20
Stasiun Halim, kereta cepat, kereta cepat Jakarta-Bandung
Nadya Zahira/Katadata
Ilustrasi. Penutupan akses jalan tol menuju Stasiun Whoosh Halim dilakukan demi alasan keamanan.
Button AI Summarize

PT Jasa Marga Tbk menutup akses jalan tol menuju stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim yang berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 00+850 A secara permanen mulai hari ini, Minggu (18/2).  Penutupan akses jalan tol ini dilakukan demi alasan keamanan. 

"Akses ini sebelumnya dimanfaatkan khusus kendaraan dan pekerja proyek selama masa pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung," ujar Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati pada Sabtu (17/2), seperti dikutip dari Antara. 

Kereta cepat dengan nama Whoosh ini resmi dioperasikan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sejak 2 Oktober 2023. Stasiun Halim menjadi stasiun keberangkatan awal dari Jakarta menuju stasiun akhir di Tegal luar, Jawa Barat.

Menurut dia, akses masuk proyek di KM 0+850 Ruas Tol Jakarta-Cikampek harus ditutup lantaran masa pembangunan sudah selesai. Dengan demikian, jalur tol dikembalikan seperti semula demi keamanan dan kenyamanan pengguna.

Jasa Marga bersama PT KCIC dan Kementerian PUPR juga tengah menyiapkan akses baru menuju Stasiun Kereta Cepat Halim, tepatnya di KM 1+842 Ruas Tol Jakarta-Cikampek. Pembangunan konstruksi gerbang tol dan akses baru menuju Stasiun Kereta Cepat Halim tersebut sudah memasuki tahap akhir.

Selain itu, Jasa Marga dalam waktu dekat juga akan dilakukan relokasi akses contraflow yang sebelumnya mulai dari KM 00+200 menjadi mulai dari KM 01+400. Rekayasa lalu lintas lawan arus ini tepatnya dilakukan melalui Gerbang Tol Halim 3 Ruas Tol Jakarta-Cikampek menuju Ruas Tol Dalam Kota.

"Sehingga jika akses proyek di KM 00+850 A masih dioperasikan, dikhawatirkan akan membahayakan keamanan dan keselamatan pengguna jalan," kata dia. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...