Nike akan PHK 1.500 Karyawan demi Hemat Biaya 

Agustiyanti
19 Februari 2024, 07:32
Nike, PHK, PHK karyawan, PHK massal
Nike.com
Ilustrasi sepatu Nike.Inc. Nike pada Desember 2023 meluncurkan rencana restrukturisasi besar-besaran, Mereka ingin memangkas biaya sekitar US$2 miliar atau setara Rp 31 triliun.
Button AI Summarize

Nike berencana memangkas lebih dari 1.500 karyawan atau 2% dari total pekerja mereka. Pemutusan hubungan kerja atau PHK ini dilakukan sebagai bagian dari restrukturisasi perusahaan.

“Ini adalah kenyataan yang menyakitkan dan saya tidak menganggap persoalan ini enteng,” kata CEO John Donahoe dalam memo yang diperoleh CNBC.

Nike mengatakan, PHK akan dilakukan dalam dua tahap. Perusahaan akan memulai tahap pertama pada  pekan ini dan menyelesaikan putaran kedua pada akhir kuartal fiskal keempat atau biasanya akhir Mei. 

Belum jelas departemen mana yang akan mengalami PHK. Namun, Nike memastikan karyawan ritel di toko atau pekerja gudang tidak akan terdampak.

PHK dilakukan seiring permintaan yang melemah di industri ritel karena konsumen  lebih berhati-hati dalam berbelanja. Permintaan terhadap barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti pakaian dan sepatu, yang merupakan andalan Nike menurun. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...