KAI Ingatkan Colokan Listrik di Kereta Hanya untuk Gadget

Agustiyanti
19 Februari 2024, 13:04
KAi, kereta, colokan listrik
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.
Penumpang berjalan menuju gerbong kereta api jarak jauh di Stasiun Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/2/2024). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 mencatat jumlah penumpang di Stasiun Malang yang membeli tiket untuk perjalanan periode libur Isra Mikraj dan Imlek tanggal 7-11 Februari mencapai 13.982 orang dengan jumlah keberangkatan paling banyak terjadi pada Sabtu (10/2) dengan 2.866 penumpang.
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia  atau KAI mengingatkan aturan penggunaan stop kontak atau colokan listrik di kereta api. Hal ini merespons isu yang beredar di media sosial terkait penggunaan fasilitas tersebut yang tak sesuai peruntukannya, seperti untuk menanak nasi hingga mencatok rambut. 

Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, fasilitas stop kontak yang tersedia di setiap kursi kereta api hanya dapat digunakan untuk mengisi daya gawai/gadget seperti handphone, tablet, atau laptop.  Penggunaan alat elektronik dengan daya listrik besar secara berlebihan dan bersamaan, dikhawatirkan dapat mengganggu fungsi kelistrikan kereta api secara keseluruhan.

"Selain gadget, penumpang tidak diperbolehkan menggunakan stop kontak di kereta api untuk keperluan-keperluan lainnya seperti alat elektronik rumah tangga," kata Joni, seperti dikutip dari Antara, Senin (19/2).

Media sosial  beberapa hari lalu sempat diramaikan oleh pembicaraan seputar penggunaan stop kontak di kereta api untuk keperluan menanak nasi dan kipas angin portable yang digantung di atas kursi penumpang. Sebelumnya, juga sempat ramai penumpang yang menggunakan catokan rambut dengan memanfaatkan stop kontak di kereta api.

Joni mengingatkan, penumpang dapat menyampaikan keluhan-keluhannya. Hal ini dapat dilakukan dengan  menginformasikan kode booking melalui pesan langsung (direct message) kepada contact center KAI di media sosial KAI, email [email protected], WhatsApp 08111-2111-121 atau telepon di 121.

"KAI mengimbau pelanggan untuk saling menghormati dan menghargai di antara sesama pelanggan agar perjalanan kereta api tetap aman dan nyaman," ujar Joni.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...