Jokowi akan Groundbreaking Kantor Bank hingga BPJS Kesehatan di IKN

Agustiyanti
28 Februari 2024, 10:57
IKN, ikn nusantara
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Ilustrasi. Groundbreaking kelima akan mencakup pembangunan kantor-kantor milik tiga bank BUMN dan BPJS Kesehatan.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo akan meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking beberapa proyek di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada 29 Februari dan 1 Maret 2024. Groundbreaking proyek mencakup pembangunan kantor-kantor milik tiga bank BUMN dan BPJS Kesehatan. 

"Ini merupakan groundbreaking kelima sekaligus groundbreaking pertama setelah terlaksana pemilu," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan groundbreaking dilakukan di area pusat layanan perbankan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Empat bank yang membangun di lokasi itu yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI, serta Bankaltimtara sebagai tuan rumah dari IKN. Selain itu, ada pula BPJS Kesehatan yang akan membangun kantor. 

Menurut Agung, pusat layanan perbankan ini diawali dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara OIKN dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  "Jadi KIPP di IKN pada tahun 2024 ini mulai beroperasi, tentunya kebutuhan layanan perbankan menjadi mutlak untuk ada," katanya.

Ia mengatakan, nantinya akan  akan terdapat kawasan khusus pusat keuangan (financial center). Namun kawasan tersebut bukan berada di KIPP, melainkan berlokasi di kawasan wilayah pengembangan atau WP-2.

"Tapi di KIPP sudah hadir nantinya pusat layanan perbankan yang diawali oleh empat bank yang merupakan pihak yang berkomitmen terhadap pembangunan Nusantara di Kalimantan Timur," kata Agung.

Selain kantor perbankan dan BPJS kesehatan, groundbreaking juga mencakup pembangunan   Telkom smart office atau TSO. Pembangunan kantor Telkom, menurut dia, menandai dibangunnya infrastruktur layanan dasar telekomunikasi seperti fiber optik dan juga berbagai infrastruktur lainnya yang mulai dibangun Telkom.

"Di area HPK juga akan hadir Mini Studio Nusantara TVRI. Jadi di sinilah kita melihat bahwa IKN itu mengokohkan diri sebagai smart city. Infrastrukturnya ada, kemudian kendali dan monitoringnya dilakukan secara terpusat melalui command center, serta juga ada studio televisi," kata Agung.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...