CIPS: Kebijakan HET Beras Tak Efektif, Justru Bikin Stok Langka

Agustiyanti
29 Februari 2024, 18:18
harga beras, beras, harga eceran tertinggi
ANTARA FOTO/Andri Saputra/nym.
Ilustrasi.
Button AI Summarize

Harga beras di pasaran terus naik dan telah jauh melampaui Harga Eceran Tertinggi atau HET yang ditetapkan pemerintah. Center for Indonesian policy Studies atau CIPS menilai, hal ini membuktikan kebijakan HET tidak efektif dalam menstabilkan harga komoditas, terutama bahan pangan pokok. 

Harga Eceran Tertinggi untuk beras ditetapkan pemerintah untuk beras medium dipatok antara Rp 10.900 dan Rp 11.800 per kilogram sedangkan HET beras premium dipatok antara Rp 13.900 dan Rp 14.800.

Di sisi lain, data Badan Pangan Nasional per 29 Februari menunjukkan, rata-rata harga beras premium secara nasional mencapai Rp 16.430 per kg, sedangkan harga beras medium Rp 14.330 per kg. 

“Kesenjangan antara HET dan harga pasar adalah salah satu faktor dibalik menghilangnya beras, terutama beras premium dari pasar karena para pelaku usaha akan menghindari kerugian,” ujar Azizah Fauzi, peneliti Center for Indonesian policy Studies (CIPS).

Azizah mengatakan, harga beras di pasar beberapa bulan belakangan ini konsisten berada diatas HET. Kondisi tersebut, menurut dia,  membuat penerapan HET justru meningkatkan risiko kelangkaan beras. Peritel menjadi terkendala memasok beras karena harga dari produsen yang di atas HET.

Di sisi lain, Kantor Staf Presiden menyebut Presiden Joko Widodo tidak memilih opsi untuk menaikkan HET beras meski harga beras di pasar sudah berada jauh diatasnya. Ini karena menaikkan HET justru hanya akan mendorong harga lebih tinggi lagi.

Jokowi lantas memerintahkan Badan Pangan Nasional dan Bulog untuk menyalurkan beras premium dari cadangan beras pemerintah di ritel modern dengan harga sesuai HET.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...