Kementan Genjot Produksi Beras Gunakan Lahan Rawa di Sumsel

Image title
Oleh Antara
1 Maret 2024, 15:31
kementerian pertanian, lahan rawa, lahan
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/wsj.
Ilustrasi. Kementerian Pertanian menyebut, optimalisasi lahan rawa tak hanya meningkatkan produksi tetapi juga menekan biaya pertanian hingga 60% atau minimal 50% karena menggunakan mesin.
Button AI Summarize

Pemerintah tengah berupaya mendorong produksi pangan di dalam negeri, terutama komoditas beras. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyebut, salah satu yang akan dilakukan adalah dengan mendorong percepatan optimalisasi lahan rawa, antara lain di Sumatera Selatan.

“Jika dulu produktivitas lahannya 5 ton per hektare maka nanti setelah optimalisasi produktivitas akan menjadi 10 ton per hektare,” kata Amran seperti dikutip dari Antara, Jumat (1/3)

Amran menjelaskan, Sumatera Selatan memiliki lahan seluas  100 ribu hektare yang akan dijadikan pertanian modern. Optimalisasi lahan rawa, menurut dia, tak hanya meningkatkan produksi tetapi  juga menekan biaya pertanian hingga 60% atau minimal 50% karena menggunakan mesin. 

“Upaya ini dilakukan melalui peningkatan indeks pertanaman (IP) dengan menggunakan varietas unggul baru padi yang adaptif, dipadukan dengan mekanisasi pertanian untuk rawa,” ujar Mentan.

Amran mengatakan, salah satu sasaran utama optimalisasi lahan rawa yang dilakukan di Sumsel yakni meningkatkan indeks pertanaman yang masih rendah dari 1 menjadi 3 kali dalam setahun. Dengan demikian, ia berharap terdapat tambahan produksi beras sebesar 1 hingga 2 juta ton khusus dari Provinsi Sumsel.

“Uni bisa menyelesaikan 30% persoalan negara terkait impor, hanya dari Sumatera Selatan saja. Jadi,  lokasi yang sedang kita kembangkan di Sumsel ini akan menjadi salah satu daerah penyangga pangan nasional,” kata Mentan.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...