Data Bulog: Stok Beras Masih Terpusat di Pulau Jawa

Andi M. Arief
4 Maret 2024, 13:10
bulog, beras bulog
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/tom.
Ilustrasi. Bulog akan menjaga cadangan beras pemerintah atau CBP sebanyak 1,2 juta ton selama Ramadan.
Button AI Summarize

Perum Bulog mencatat, stok beras belum sepenuhnya merata di seluruh wilayah dan masih terpusat di Pulau Jawa. Bulog saat ini memiliki cadangan beras pemerintah atau CBP mencapai 1,24 juta ton dan akan menjaga stok beras di kisaran itu selama Ramadan.

Berdasarkan paparan Bulog, ada tiga daerah dengan stok CBP terbanyak, yakni Jawa Timur yang mencapai 363.523 ton, serta Banten dan DKI Jakarta sebanyak 207.452 ton. Mayoritas provinsi di Pulau Jawa memiliki stok CBP mencapai lebih dari 100.000 ton.

Di sisi lain, menurut dia,  ada sembilan daerah dengan stok CBP kurang dari 10.000 ton. Daerah dengan stok CBP terendah, yakni Bengkulu  sebanyak 1.048 ton. Capaian tersebut diikuti oleh Kalimantan Tengah sejumlah 5.149 ton dan Nusa Tenggara Barat sejumlah 5.539 ton.

"Kami bisa melakukan pergerakan stok nasional dengan waktu yang relatif tidak lama atau paling lama 5-7 hari untuk bisa menjangkau seluruh Indonesia," kata Bayu dalam Rapat Koordinasi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan, Senin (4/3).

Bayu menjelaskan besarnya stok CBP di DKI Jakarta dan Jawa Timur disebabkan oleh pelabuhan yang dapat menampung beras impor dengan volume tinggi. Pelabuhan yang dimaksud adalah Tanjung Priok di Jakarta dan Tanjung perak di Surabaya.

Selain itu, menurut Bayu, beras impor sejumlah 400.000 ton sedang dalam perjalanan ke gudang-gudang Bulog. Stok CBP diperkirakan naik dari saat ini 1,24 juta ton menjadi 1,6 juta ton pada bulan ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...