Pemerintah Janji Tak Naikkan Harga Minyakita Selama Ramadan 2024

Andi M. Arief
4 Maret 2024, 17:57
minyakita, harga minyak goreng
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Pedagang menunjukan minyak goreng rakyat MinyaKita yang mulai langka dipasaran di Pasar Mampang, Jakarta, Rabu (6/12/2023). Pemerintah berencana melakukan penyesuaian harga eceran tertinggi (HET) untuk minyak goreng rakyat MinyaKita dari Rp14 000 menjadi Rp15.000 per liter, namun Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan rencana penyesuaian HET MinyaKita itu belum mencapai keputusan dan perlu dibahas lebih lanjut dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.
Button AI Summarize


Kementerian Perdagangan menyatakan harga merek minyak goreng yang disubsidi pemerintah, Minyakita tidak akan berubah pada bulan ini. Pemerintah sebelumnya berencana mengubah Harga Eceran Tertinggi atau HET Minyakita dari Rp 14.000  per liter menjadi Rp 15.000 per liter setelah Pemilu 2024.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengaku masih mengevaluasi wacana kenaikan HET Minyakita. Namun, ia menekankan HET Minyakita belum akan berubah dalam waktu dekat.

"HET Minyakita tidak akan mengalami perubahan, setidaknya sampai Idul Fitri 2024," kata Isy di Ballroom Hotel Kempinski, Senin (4/3).

HET Minyakita diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan No. 41 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Minyak Goreng Kemasan Rakyat. Beleid tersebut menetapkan pelaku usaha wajib menjual Minyakita sesuai dengan HET.

Berdasarkan data Kemendag, rata-rata nasional Minyakita dilego senilai Rp 15.600 per kg di tingkat konsumen. Isy menyampaikan, kenaikan harga tersebut disebabkan oleh berkurangnya pasokan minyak goreng di pasar, khususnya Minyakita.

Di sisi lain, Isy menyampaikan pemerintah belum akan menyesuaikan target minyak goreng hasil kebijakan kewajiban pasar domestik atau DMO. Oemerintah telah menaikkan target minyak goreng DMO tahun lalu dari 300.000 ton per bulan pada 2022 menjadi 450.000 ton.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...