ID Food Bakal Tarik Kredit Bunga Murah dari Bank BUMN Pekan Depan

Andi M. Arief
20 Maret 2024, 15:22
ID food, kredit bunga murah, kredit
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. Bank-bank BUMN memberikan kredit dengan bunga murah kepada ID Food melalui skema penjaminan pemerintah.
Button AI Summarize

Holding BUMN Pangan, ID Food berencana menarik fasilitas kredit bunga murah dari bank-bank BUMN dengan skema penjaminan pemerintah pada bulan depan. ID Food memperoleh pagu kredit sebesar Rp 7 triliun dari bank pelat merah untuk membangun stok cadangan pangan pemerintah atau CPP. 

"Kami butuh pendanaan. Sekarang lagi berproses pengajuannya di bank milik negara untuk fasilitas penjaminan dan subsidi bunga," kata ujar Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (20/3).

Melalui skema kredit tersebut, ID Food hanya perlu membayarkan bunga 2,25% jika menggunakan agunan atau 4% jika tanpa agunan. Bunga kredit tersebut jauh di bawah bunga komersial yang saat ini mencapai 10%. 

Frans menjelaskan, pihaknya mendapat tugas untuk membangun stok CPP yang terdiri dari sembilan komoditas, yakni gula, daging sapi, minyak goreng, daging ayam, telur ayam, bawang merah, bawang putih, cabai, dan ikan kembung. Adapun fasilitas kredit murah diberikan sesuai Peraturan Presiden No. 125 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah.

Beleid tersebut menetapkan 11 bahan pangan yang menjadi CPP, yakni beras, jagung, kedelai, bawang, cabai daging unggas, telur unggas, daging ruminansia, gula konsumsi, minyak goreng, dan ikan. Fasilitas kredit bunga murah tersebut juga diberikan ke Perum Bulog.

Total pagu bunga kredit murah yang disubsidi pemerintah mencapai Rp 28,7 triliun. Frans sebelumnya memperkirakan, total pagu yang akan dinikmati ID Food adalah Rp 7 triliun, sedangkan selebihnya akan diberikan untuk Bulog.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...