Apa Itu FIR Natuna yang Diambilalih Usai 78 Tahun Dikuasai Singapura?

Agustiyanti
25 Maret 2024, 12:38
FIR Natuna, FIR, ruang udara natuna
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Ilustrasi. Indonesia resmi mengambilalih ruang udara atau FIR Natuna sejak pekan lalu.
Button AI Summarize

Pengaturan ruang udara dengan segala informasi penerbangannya atau Flight Information Region (FIR) di wilayah Kepulauan Riau (Kepri) dan Natuna resmi diambilalih Indonesia sejak pekan lalu (21/3). FIR di wilayah Kepri dan Natuna  sebelumnya dikendalikan Singapura. 

“Ketentuan ini telah berlaku efektif mulai 21 Maret 2024 pukul 20.00 UTC atau 22 Maret 2024 pukul 03.00 WIB. Ini kabar gembira bagi dunia penerbangan Indonesia,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers, akhir pekan lalu. 

Budi menjelaskan, perjanjian ini telah menambah luasan FIR Jakarta sebesar 249.575 kilometer persegi. Dengan demikian, luas FIR Jakarta menjadi 2.842.725 kilometer persegi atau bertambah 9,5 persen dari luas semula. “Kini pesawat yang terbang di wilayah pengaturan ulang FIR ini akan mendapatkan layanan navigasi penerbangan dari Indonesia,” ujar Budi.

Apa sebenarnya FIR?

Mengutip skybrary.aero, FIR didefinisikan sebagai wilayah udara dengan dimensi tertentu di mana layanan informasi penerbangan dan layanan peringatan disediakan.

Berdasarkan informasi pada laman eudroneport, seluruh wilayah udara di seluruh dunia dibagi berdasarkan Flight Information Region (FIR). Setiap FIR dikelola oleh otoritas pengendali yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa layanan lalu lintas udara disediakan untuk pesawat yang terbang di dalamnya.

Besarnya FIR bervariasi tergantung pada negara atau wilayah yang dicakupnya. Negara-negara kecil mungkin memiliki satu FIR yang mencakup wilayah udara mereka, sedangkan negara-negara besar mungkin memiliki beberapa FIR.

Wilayah udara di atas lautan sering kali dibagi menjadi dua atau lebih FIR, yang didelegasikan kepada otoritas kendali negara-negara sekitarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...