14 Ruas Tol Dapat Diskon Tarif Tol Saat Momen Mudik, Ini Detailnya

Andi M. Arief
2 April 2024, 16:32
diskon tarif tol, jalan tol, mudik 2024, lebaran 2024
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc.
Petugas menutup putaran arah di tengah jalan tol saat persiapan arus mudik di jalan tol Pejagan-Pemalang, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (21/3/2024). Pejagan Pemalang Tol Road (PPTR) mulai melakukan persiapan untuk menghadapi arus mudik Lebaran dengan menutup lima putaran arah di tengah jalan tol, menyiapkan papan penunjuk arah dan water barier untuk buka tutup jalan tol.
Button AI Summarize

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengumumkan 14 ruas tol mendapatkan diskon tarif tol momen mudik dan arus balik Lebaran 2024. Besaran potongan harganya antara 14% sampai 35%.

Basuki memaparkan mayoritas atau 12 dari 14 ruas jalan tol yang mendapatkan tarif khusus itu berada di Pulau Jawa. Adapun, pemberian diskon terbesar ada di Tol Krian-Legundi-Bunder, Jawa Timur. 

"Diskon untuk Tol Krian-Legundi-Bunder untuk kendaraan non-golongan I, dengan rincian kendaraan golongan II dan III sebesar 14%, dan untuk golongan IV dan V adalah 35%," kata Basuki dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (2/4).

Dengan kata lain diskon tarif di Tol Krian-Legundi-Bunder yang menghubungkan Sidoarjo dan Gresik ini dikhususkan untuk kendaraan niaga. Diskon tersebut berlangsung selama 17 hari mulai esok hingga 19 April 2024.

Lalu, penerapan diskon tarif di 13 ruas tol lainnya khusus untuk kendaraan golongan I sebesar 20%. Namun, waktu pemberian diskon tersebut hanya enam hari, yakni pada 3 sampai 5 April 2024 dan 17 hingga 19 April 2024. "Potongan tarif ini berlaku untuk transaksi non-tunai," ujarnya.

Secara rinci, 11 dari 13 ruas tol yang memberikan diskon tarif tol khusus kendaraan golongan I berada di Pulau Jawa. Dua ruas lainnya ada di Pulau Sumatera, yakni Tol Indralaya-Prabumulih dan Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung.

Untuk diketahui, tarif Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung memiliki tarif tertinggi secara nasional, yakni mencapai Rp 189.500. Diskon tarif tol Lebaran 2024 membuat angka tersebut susut menjadi Rp 151.600.

Secara rinci, berikut 14 ruas tol yang mendapatkan diskon tarif tol pada Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024:

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...