Jokowi Janji Lunasi Utang Subsidi Pupuk Rp 10 Triliun

Muhamad Fajar Riyandanu
3 April 2024, 12:18
jokowi, pupuk, subsidi
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/tom.
Presiden Joko Widodo berjalan di dekat paket bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024).
Button AI Summarize

Pemerintah berkomitmen untuk melunasi utang biaya penyaluran pupuk bersubsidi periode 2020—2023 yang mencapai Rp 10,48 triliun kepada BUMN PT Pupuk Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pihak pemerintah masih masih menunggu hasil pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dengan biaya yang perlu dibayarkan oleh pemerintah.

"Penagihan harus diaudit dulu, setelah selesai baru dibayar. Itu mekanismenya," kata Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma pada Rabu (3/4).

Pemerintah baru akan melunasi utang kepada PT Pupuk Indonesia ketika audit oleh BPK telah rampung. "Terkait kurang bayar itu kalau sudah diaudit dan rampung, pasti dibayar," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi, melaporkan total nominal piutang subsidi Pupuk Indonesia ke pemerintah mencapai Rp 10,48 triliun. Hitung-hitungan ini mengacu pada total nilai piutang sejak 2020-2023.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...