Mudik Lebaran, KCIC Layani 52 Perjalanan Kereta Cepat Whoosh per Hari

Agustiyanti
4 April 2024, 10:27
Kereta cepat whoosh, kereta cepat
Humas Kemenhub
Ilustrasi. KCIC menambah 12 perjalanan kereta cepat Whoosh per hari selama periode mudik Lebaran.
Button AI Summarize

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari sebelumnya 40 perjalanan per hari menjadi 52 perjalanan per hari. Tambahan perjalanan tersebut terbatas hanya selama masa angkutan Lebaran 3-18 April 2024. 

“Peningkatan jumlah perjalanan ini merupakan antisipasi KCIC terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi seperti pada periode libur panjang sebelumnya,” kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa Eva dalam keterangan pers Kamis (4/3), seperti dikutip dari Antara

Eva mengatakan dengan bertambahnya jadwal perjalanan, waktu antara Kereta Cepat Whoosh di jam sibuk mencapai hanya mencapai 25 menit. Whoosh sendiri akan beroperasi mulai dari 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Halim - Tegalluar dan pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Tegalluar - Halim.

“Hal ini membuat para penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhannya,” kata dia.

Berdasarkan pantauan sampai dengan saat ini, menurut dia, tanggal yang menjadi favorit masyarakat adalah mulai keberangkatan H-5 Lebaran yaitu 5 April dan seterusnya. Tiket yang sudah terjual pada tanggal dan jam favorit sudah mencapai di atas 80%. Jumlah tersebut masih akan terus berubah sehubungan penjualan tiket yang masih berlangsung.

“Di tengah tingginya mobilitas masyarakat selama periode libur lebaran ini, berbagai layanan tambahan diharapkan bisa membuat perjalanan penumpang semakin nyaman,” kata Eva.

Eva juga menjelaskan, jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh KAI menuju Bandung dan Cimahi.

“KCIC juga telah berkoordinasi dengan seluruh operator intermoda lainnya untuk memenuhi kebutuhan angkutan lanjutan para penumpang dari Stasiun Whoosh ke berbagai destinasi lainnya,” katanya.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...