Gandeng Perusahaan Jepang, MRT Bundaran HI-Kota Rampung 2029

Andi M. Arief
17 April 2024, 17:54
MRT, MRT fase 2
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
Kendaraan melintas di kawasan Jalan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (21/9/2023). ContraflowÊdiberlakukan di Jalan Gajah Muda dan Jalan Hayam Wuruk ke arah Jalan Hasyim Ashari dampak dari proyek pengerjaanÊmass rapid transitÊ(MRT) fase dua yang berlaku mulai 30 September 2023.
Button AI Summarize

PT MRT Jakarta meneken kerja sama pembangunan rel kereta dan persinyalan fase 2A Bundaran HI-Kota dengan Sojitz Corporation senilai Rp 4,7 triliun pada hari ini, Rabu (17/4). Pembangunan jalur MRT tersebut akan rampung pada akhir 2029. 

Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat mengatakan, tender proyek tersebut sempat gagal tiga kali sejak 2020. Ia menjelaskan, tender pertama proyek rel kereta dan persinyalan gagal karena pandemi Covid-19 pada 2020-2021.
Tender kedua gagal karena perang Ukraina, sedangkan tender ketiga gagal karena tensi geopolitik antara Amerika Serikat dan Cina.

"Hal-hal tersebut mengganggu rantai pasok global, dan Jepang memiliki kerja sama dengan berbagai pemasok bahan baku," kata Tuhiyat di Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI, Rabu (17/4).

Tuhiyat menyampaikan, tender proyek konstruksi rel kereta dan persinyalan fase 2A berlangsung sejak 2023 dan berakhir pada 20 Februari 2024. Tender tersebut menggunakan skema International Competitive Bidding atau ICB.

"Perjalanan MRT Jakarta dalam mencari kontraktor untuk pengerjaan rel kereta dan persinyalan merupakan perjalanan yang panjang," ujarnya.

Tuhiyat menjelaskan, proyek pembangunan rel kereta dan persinyalan tersebut akan berlangsung selama 75 bulan atau hingga akhir 2029. Jadwal tersebut sejalan dengan penyelesaian proyek konstruksi MRT Jakarta fase 2A secara keseluruhan.

Pada saat yang sama, Tuhiyat memproyeksikan konstruksi fase 2A hingga Stasiun MRT Jakarta Monas rampung pada 2027. Menurutnya, konstruksi Stasiun MRT Jakarta Bundaran HI sampai Stasiun MRT Jakarta Monas mencapai 74%.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...