Rupiah Menguat ke 16.181 per US$, Tapi Masih Berpotensi Longsor Lagi

 Zahwa Madjid
18 April 2024, 09:41
rupiah, rupiah melemah, dolar AS
ANTARA FOTO/Mecca Yumna/Ak/Spt.
Ilustrasi. Rupiah menguat usai anjlok dalam dua hari pertama perdagangan usai Lebaran tetapi masih berpotensi kembali melemah.
Button AI Summarize

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat 0,24% ke level 16.181 per dolar AS pada perdagangan Kamis (18/4). Rupiah menguat usai anjlok dalam dua hari pertama perdagangan usai Lebaran tetapi masih berpotensi kembali melemah. 

Mengutip Bloomber, mayoritas mata uang Asia juga menguat terhadap dolar AS. Ringgit Malaysia menguat 0,14%, yuan Cina menguat 0,04%, peso Filipina menguat 0,23%, won Korea menguat 0,82%, dolar Singapura menguat 0,05% dan yen Jepang menguat 0,10%.

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra menilai rupiah masih berpotensi kembali melemah hari ini meski dibuka menguat. Pasar masih mewaspadai eskalasi konflik di Timur Tengah dan sinyal bank sentral AS, The Federal Reserve yang mungkin menunda kenaikan suku bunga acuannya karena inflasi AS sulit turun.

Yield obligasi pemerintah Indonesia bergerak naik tajam pada perdagangan kemarin. Yield tenor 1 tahun naik dari 6,4% ke 6,83%, dan tenor 10 tahun dari 6,93 ke 7,03%,” ujar Ariston kepada Katadata.co.id, Kamis (18/4).

Menurut dia, kenaikan yield ini bisa mengindikasikan tekanan jual yang tinggi keluar dari pasar obligasi Indonesia dan memberikan tekanan ke rupiah.

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...