Bapanas: Gandum Paling Terdampak Konflik Israel-Iran

Andi M. Arief
18 April 2024, 16:09
gandum
Unsplash/Darla Hueske
Ilustrasi, panen gandum di Amerika Serikat, salah satu negara penghasil gandum terbesar di dunia
Button AI Summarize

Badan Pangan Nasional atau Bapanas menilai, konflik Iran-Israel akan berdampak pada pasokan dan harga hampir semua komoditas pangan. Gandum akan menjadi yang paling terdampak.

Direktur Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Bapanas Maino Dwi Hartono mengatakan, konflik Iran-Israel akan mempengaruhi harga energi. Dengan demikian, biaya transportasi bahan pangan akan naik akibat konflik tersebut.

"Sepertinya tidak ada dampak langsung. Maksudnya, kan distribusi pangan menggunakan moda transportasi yang membutuhkan energi. Artinya, dampaknya ikutan saja," kata Maino di Kompleks Kementerian Pertanian, Kamis (18/4).

Maino menyampaikan, konflik tersebut mempengaruhi harga pangan di dalam negeri, khususnya pangan impor. Ia berpendapat konflik tersebut akan membuat akses di Selat Hormus akan terganggu.

Selat Hormuz adalah salah satu jalur yang dilalui kapal ekspor-impor sebelum atau setelah melalui Terusan Suez. Dengan demikian, terganggunya selat tersebut membuat akses Terusan Suez terganggu.

Kapal-kapal ekspor-impor harus memutari Benua Afrika melalui Tanjung Harapan di Afrika Selatan untuk melakukan pengiriman antara Eropa dan Asia. Maino menyampaikan, kondisi tersebut membuat biaya logistik bertambah mengingat rute perjalan yang tambah panjang, waktu perjalan yang tambah lama, dan risiko pengiriman yang meningkat.

"Lalu, kurs dolar Amerika Serikat belum lama ini menguat. Mau tidak mau pelaku usaha pangan di dalam negeri akan menyesuaikan itu semua," katanya.

Maino mencontohkan, pengiriman kedelai yang terganggu akibat konflik Ukraina-Rusia pada akhir tahun lalu. Menurutnya, kedelai yang diimpor dari Argentina seharusnya tiba di dalam negeri pada minggu kedua Desember 2023, namun konflik tersebut membuat jadwal tersebut molor menjadi Januari 2025.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...