Daftar Harga Pangan yang Berpotensi Naik Gara-gara Rupiah Jeblok

Andi M. Arief
18 April 2024, 16:47
bawang putih, harga bawang putih, pelemahan rupiah
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Bapanas memperkirakan harga bawang putih akan terdampak pelemahan rupiah.
Button AI Summarize

Badan Pangan Nasional atau Bapanas memperkirakan pelemahan rupiah akan berdampak pada harga komoditas pangan yang diimpor. Namun, beberapa seperti  harga kedelai dan daging sapi diperkirakan tetap stabil.

Direktur Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Bapanas Maino Dwi Hartono mengatakan, komoditas yang akan terdampak pelemahan rupiah adalah bawang putih. Menurutnya, dampak pelemahan rupiah telah terlihat pada pasokan yang menipis di pasar induk.

"Secara teori, perjalanan bawang putih dari Cina ke Indonesia memakan waktu tiga minggu, seharusnya harga tinggi tiga minggu kemudian. Namun fakta di lapangan tidak seperti itu," kata Maino di Kompleks Kementerian Pertanian, Kamis (18/4).

Maino menduga, pedagang telah menaikkan harga bawang putih saat ini dengan dalih mengantisipasi kenaikan harga akibat kurs. Namun, stok bawang putih yang dinaikkan harganya merupakan stok dengan harga lama.

Berdasarkan paparan Bapanas, pemerintah berencana mengimpor 645.025 ton bawang putih sepanjang 2024. Sementara itu, kebutuhan bawang putih tahun ini mencapai 667.958 ton dengan kebutuhan bulanan sejumlah 55.663 ton.

Sementara itu, Kepala Bapanas Arief Prastyo memperkirakan, pelemaha rupiah akan berpengaruh pada harga gula. Bapanas mendata rata-rata nasional harga gula konsumsi telah menembus Rp 18.000 per kg menjadi Rp 18.040 per kg hari ini, Kamis (18/4).

Ia menilai kondisi tersebut diperburuk dengan meningkatnya harga gula global akibat penghentian ekspor gula oleh pemerintah India. Oleh karena itu, BUMN Pangan saat ini sedang menyiapkan mitigasi pelemahan rupiah dalam memastikan pasokan gula di dalam negeri.

"Saat ini BUMN pangan sedang melakukan stress test sampai dengan harga berapa gula impor dapat dibeli. Mudah-mudahan kita bisa melewati ini semua dengan baik," katanya.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...