Luhut: Cina Mau Berikan Teknologi Padi ke RI, Proyek Dimulai Oktober

Happy Fajrian
21 April 2024, 21:36
luhut, cina, pertanian, padi, swasembada, beras
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Button AI Summarize

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Cina bersedia mengembangakn pertanian di kawasan Food Estate Kalimantan Tengah dengan memberikan teknologi padi miliknya. Adapun proyek ini akan dimulai pada Oktober 2024.

“Kita (Indonesia) minta mereka (Cina) memberikan teknologi padi mereka, di mana mereka sudah sangat sukses menjadi swasembada. Mereka bersedia,”ujarnya melalui video yang diunggah di akun Instagram @luhut.pandjaitan, Minggu (21/4).

Kesepakatan tersebut merupakan salah satu hasil dari Pertemuan Ke-4 High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) RI–Cina di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (19/4).

Luhut mengatakan bahwa langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh Indonesia adalah mencari mitra lokal untuk bekerja sama dalam mengembangkan pertanian di Indonesia. “Kita tinggal mencari mitra lokal untuk membuatnya di Kalteng, karena tanahnya itu dari zaman dulu sudah ada sampai 1 juta hektare,” ucap dia.

Akan tetapi, tutur Luhut melanjutkan, pengelolaan lahan tersebut akan dilakukan secara bertahap. Misalkan, dari 100 ribu hektare, naik ke 200 ribu hektare, dan selanjutnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...