Tol Lima Puluh-Kisaran Mulai Beroperasi, Tarif Masih Gratis

Tia Dwitiani Komalasari
15 Mei 2024, 07:50
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih KM56 di Paya Besar, Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Selasa (29/8/2023). PT Hutama Karya (Persero) ak
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom.
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih KM56 di Paya Besar, Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Selasa (29/8/2023). PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas simpang Indralaya-Muara Enim seksi simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 63,5 km mulai 30 Agustus 2023 tanpa dikenakan biaya.
Button AI Summarize

PT Hutama Karya (Persero) mengoperasikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Lima Puluh-Kisaran mulai 15 Mei 2024, pukul 07.00 WIB. Pengoperasian tol tersebut masih belum dipungut tarif alias masih gratis.

Pengoperasian ruas Tol Lima Puluh-Kisaran ini setelah keluar Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 913/KPTS/M/2024 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Lima Puluh-Kisaran.

Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim, mengatakan fasilitas jalan tol ini sudah sesuai dengan standar pelayanan minimal (SPM). Ruas jalan tol tersebut sudah melewati agenda uji laik fungsi (ULF) pada 29 Februari hingga 1 Maret 2024 serta telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 28 Maret 2024.

"Untuk memastikan bahwa kualitas jalan tol dan pelayanannya terjamin, sebelumnya telah dilakukan pelatihan dan simulasi pada petugas yang meliputi aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan, sarana jalan, bangunan pelengkap, operasi dan administrasi serta lainnya," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (15/5).

Meskipun belum berbayar, pihaknya mengimbau penguna jalan tol tetap menyiapkan uang eletronik (UE) untuk tapping di gerbang tol. Penguna jalan tol wajib melakukan tapping menggunakan kartu uang eletronik karena tol ini merupakan sambungan Tol Indrapura-Kisaran yang sudah beroperasi sejak 10 November 2023 dan telah bertarif.

“Sebelum melintas, kami mengimbau pengguna jalan untuk memastikan fisik kartu UE dalam kondisi baik dan chip-nya masih berfungsi serta kecukupan saldonya,” kata dia.

Dia juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol. Ketentuan tersebut misalnya berkendara dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

"Pengguna juga diminta untuk segera beristirahat di tempat istirahat terdekat apabila merasa mengantuk agar segera melapor ke Call Centre Tol Indrapura-Kisaran dan memantau seluruh informasi di media sosial Hutama Karya," ujarnya.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...