Menhub: Bandara IKN Siap Beroperasi Mulai 1 Agustus 2024

Agustiyanti
4 Juni 2024, 09:33
bandara ikn, ikn nusantara
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat ground breaking Bandara Ibu Kota Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Pembangunan bandara yang dapat didarati pesawat besar itu diprediksi beroperasi pada Desember 2024 guna mendukung konektivitas di Ibu Kota Nusantara.
Button AI Summarize

Pemerintah memastikan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) dapat mulai beroperasi pada 1 Agustus 2024. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengecek progres pembangunan bandara untuk memastikan kesiapannya menyambut para tamu saat HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2024. 

Dalam kunjungannya, Menhub mengunjungi beberapa titik, seperti lokasi landas pacu dan gedung terminal. Ia mengatakan, progres pembangunan di dua lokasi ini dan sejumlah fasilitas lainnya secara garis besar sudah baik dan sesuai rencana.

“Untuk landas pacu dan gedung terminal, perubahannya signifikan dan terlihat jelas, jika dibandingkan saat saya terakhir kali ke sini pada akhir April lalu. Kemajuan ini tentu sangat menggembirakan,” ujar Menhub.

Menhub juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan para pekerja atas kerja kerasnya selama ini. Ia  berharap sinergi ini dapat mewujudkan komitmen bersama untuk menyelesaikan Bandara IKN pada tanggal 1 Agustus 2024.

“Insya Allah, Juli kita uji coba dan siap dioperasikan untuk memperingati Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus nanti,” kata Budi.

Budi juga berharap semoga cuaca di kawasan IKN selalu cerah dalam beberapa bulan ke depan. “Mudah-mudahan cuaca di sini senantiasa cerah, sehingga proyek pembangunan bandara bisa berjalan dengan lancar,” kata dia..

Progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-25 telah mencakup beberapa aspek, di antaranya:

  • Pekerjaan baja, instalasi pipa plumbing, atap, dinding, dan elektrikal di Terminal VVIP;
  • Pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, dan rangka baja di Terminal VIP
  • Pekerjaan struktur atas lantai 1-4 Gedung ATC
  • Pekerjaan pilecap dan instalasi plumbing Gedung Administrasi dan Operasional
  • Pekerjaan minipile dan pipa plumbing di Gedung PK-PPK
  • Pekerjaan struktur atas gedung substation.
  • Pekerjaan struktur atas gedung peribadatan, pekerjaan struktur lab karantina
  • Pekerjaan minipile bangunan power house
  • Pekerjaan cut & fill, galian U-ditch, geotextile, agregat di Jalan Akses Utama (uditch), Embung, dan Jalan Perimeter Bara
  • Pekerjaan pondasi pancang Gedung Ruang Pompa dan GWT, serta STPP
  • Pekerjaan pondasi rumah dinas.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...