Kronologi WNA Inggris Mabuk Lalu Tabrak Fasilitas Bandara Ngurah Rai

Image title
Oleh Antara
10 Juni 2024, 14:46
Seorang warga negara asing (WNA) asal Inggris bernama Damon Anthony Alexander Hills (50) diamankan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu (9/6/2024) malam.
ANTARA/HO-Istimewa
Seorang warga negara asing (WNA) asal Inggris bernama Damon Anthony Alexander Hills (50) diamankan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu (9/6/2024) malam.
Button AI Summarize

Kepolisian Sektor Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, menangkap seorang warga negara asing (WNA) asal Inggris yang mabuk dan merusak fasilitas Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Pria bernama Anthony Alexander Hills tersebut telah diamankan pada Minggu malam (9/6)

"Pelaku sudah diamankan di Polsek Kuta Utara untuk mepertanggungjawabkan perbuatannya," kata Kepala Kepolisian Resor Bandung AKBP Teguh Priyo Wasono, dikutip dari Antara

Kronologi WNA Inggris Rusak Fasilitas Bandara Ngurah Rai

Sebelum merusak, Hills diduga merampas sebuah truk bermuatan gabah milik warga. WNA berusia 50 tahun tersebut mengambil truk berwarna kuning dengan nomor polisi AB 8084 BC dengan cara membuka pintu truk, lalu memukul dan menendang sopir yang sedang tidur di sebelah kiri.

Sopir bernama Rahmawan Andrianto, 24 tahun, awalnya sedang tertidur dan terbangun ketika mendengar mesin kendaraan berbunyi. Ia melihat pelaku sudah ada di dalam truk. 

Korban lalu berusaha melawan tapi dipukul dan ditendang keluar truk oleh pelaku. Kejadian ini terjadi pada pukul 22.00 WITA di depan Toko Timbul Mora Ceramin, Jalan Raya Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Badung, Bali.

Rahmawan kemudian bangkit lalu untuk mengambil alih kemudi. Aksi ini tidak berhasil karena pelaku terus menendangnya. Ketika mulai bergerak, truk menabrak beberapa kendaraan, seperti sepeda motor. Korban lalu melompat turun dari truk. 

Hills yang berhasil menguasai mobil lalu terus mengemudikan truk menuju simpang Lapas Kerobok dan melaju ke arah Jalan Bypass Ngurah Rai menuju Gerbang Jalan Tol Benoa.

Ia mengendarai truk dengan kecepatan tinggi hingga melaju dan menabrak portal tol. Petugas Layanan Jalan Tol Bali Mandara lalu mengejarnya. Aksi pengejaran terus berlangsung hingga truk sampai di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. 

Di pintu masuk bandara, pelaku menabrak portal dan beberapa fasilitas lainnya. WNA itu lalu turun dari truk dan berlari menuju terminal keberangkatan hingga akhirnya berhasil ditangkap petugas keamanan bandara bersama kepolisian. 

Kepala Seksi Humas Polres Badung Ipda Putu Sukarma menyebut, keadaan Hills belum stabil. "Pelaku masih linglung dan akan dilakukan pemeriksaan," ucapnya.

Fasilitas Bandara Ngurah Rai Rusak

General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan mengatakan Hills dalam kondisi mabuk menerobos ke terminal internasional sampai merusak fasilitas bandara. “Ia menggunakan truk dengan menabrak palang tollgate (portal masuk) dan fasilitas lainnya, seperti tiang pembatas,” kata dia.

Ia menyebut tidak ada dampak operasional atas kejadian tersebut. Bandara I Gusti Ngurah Rai memiliki enam portal masuk untuk kendaraan roda empat, sehingga tidak mempengaruhi akses pengguna layanan.

Selain itu dari catatannya, meski datang dengan ugal-ugalan di bawah pengaruh alkohol, tidak ada kendaraan pribadi maupun masyarakat di area bandara yang tertabrak.

Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...