Pemerintah Targetkan Hotel Nusantara IKN Beroperasi Sebelum 17 Agustus

Andi M. Arief
12 Juni 2024, 13:52
hotel nusantara, IKN, jokowi, investasi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPB Bahlil Lahadalia (kedua kanan), Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono (kanan) dan para pimpinan konsorsium pengusaha Indonesia meninjau alat berat dalam peletakan batu pertama Hotel Nusantara di Kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjadwalkan Hotel Nusantara beroperasi sebelum 17 Agustus 2024. Namun, pemerintah belum dapat memastikan apakah hotel tersebut akan ditempati seluruh undangan perayaan Hari Kemerdekaan di Ibu Kota Nusantara.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan, Hotel Nusantara dirancang memiliki 191 kamar. Hotel tersebut diharapkan beroperasi penuh pada Agustus 2024.

"Pemahaman saya, tamu-tamu itu didesain menginap secara keseluruhan di Balikpapan. Namun tetap ada hotel yang sedang disiapkan di IKN, namanya Hotel Nusantara," kata Danis kepada Katadata.co.id, Rabu (12/6).

Danis mengatakan, akses jalan tol dari Balikpapan ke Nusantara akan beroperasi secara fungsional menghadapi Upacara Hari Kemerdekaan di IKN. Menurutnya, Tol Balikpapan-Nusantara yang dapat digunakan pada Agustus 2024 adalah seksi 3A, 3B, dan 5A.

Tol Balikpapan-Nusantara harya dioperasikan satu lajur dengan total tiga lajur. Danis mencatat, Tol Balikpapan-Nusantara dapat memangkas waktu tempuh ke Nusantara dari 2,5 jam menjadi hingga 1 jam.

"Kalau lewat jalur jalan provinsi waktu tempuh ke Nusantara sekitar 2,5 jam. Kalau lewat sebagian jalan tol yang kami fungsionalkan hanya antara 1-1,5 jam," ujarnya.

Danis melaporkan, upacara Hari Kemerdekaan di Nusantara akan berlangsung di lapangan depan Istana Kepresidenan. Menurutnya, perkembangan konstruksi lapangan tersebut telah mendekati 100%.

Ia mencatat beberapa komponen lapangan yang telah rampung adalah pemasangan rumput dan pemasangan tiang bendera. "Saat ini pengerjaan tinggal mengaspal jalan di depan Istana Kepresidenan," ujarnya.

Sekretaris Jenderal Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Maulana Yusran menyebut, belum ada hotel yang beroperasi di IKN Nusantara hingga 17 Agustus 2024. Asosiasi memproyeksikan para peserta upacara akan bermalam di Balikpapan dan Samarinda sebelum ke IKN pada pagi peringatan Hari Kemerdekaan.

Maulana mengatakan, mayoritas peserta upacara 17 Agustus 2024 di Nusantara merupakan pejabat negara atau orang penting. Namun, Maulana memproyeksikan semua jenis hotel di Balikpapan dan Samarinda akan penuh menuju Hari Kemerdekaan tahun ini.

"Peningkatan okupansi hotel di Balikpapan dan Samarinda sudah terjadi saat ini, karena orang akan melakukan pemesanan kamar hotel jauh-jauh hari," kata Maulana kepada Katadata.coid, Kamis (6/6).

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...