Airlangga Pamer Kinerja Industri Logam Kinclong Berkat Hilirisasi

Andi M. Arief
10 Juli 2024, 14:49
airlangga, industri logam, hilirisasi
Katadata / nur hana nabila
Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga Hartarto memberi keterangan kepada wartawan di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (9/7).
Button AI Summarize

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat kinerja industri logam tumbuh lebih kencang dibandingkan sektor-sektor lain. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim, pertumbuhan industri logam dasar didorong oleh hilirisasi.

"Industri logam pada kuartal pertama tumbuh 11-18%, jauh di atas pertumbuhan sektor lain. Ekspor logam meningkat dari 8,74% menjadi 16,74%. Tentu capaian ini tidak lepas dari hilirisasi," ujar Airlangga di Jakarta, Rabu (10/7). 

 Airlangga juga memberikan catatan terkait kemajuan saudara industri dari konstruksi baja ini. Ia menyebut Indonesia telah berhasil mengekspor 130 turbin angin ke New York, Amerika Serikat. "Itu the first wind turbine yang akan dipasang di utara Long Island 15 sampai 20 mil, dengan kapasitas yang direncanakan sebesar sekitar 2,1 gigawatt. Jadi ini sebuah terobosan juga dipasangnya di laut dan buatan fabrikasi Indonesia di Batam." kata dia. 

Ia mengatakan, ekspor dalam bentuk steel structure juga dilakukan ke Sydney, Australia, ataupun ke Selandia Baru. "Ini terobosan-terobosan yang luar biasa dan saya melihat bahwa baja kita sudah kuat dan baja kita sudah ditakuti oleh berbagai negara di dunia," kata dia.

Menurut Airlangga, Krakatau Steel dan POSCO juga telah memiliki peta jalan untuk meningkatkan produksi baja dari 10 juta ton menjadi 20 juta ton.  Konsumsi baja juga diperkirakan meningkat menjadi sekitar 18 juta sampai dengan 19 juta ton.

"Biasanya produksi harus mendahului demand, karena kalau tidak mendahului demand akan diisi oleh barang yang ditakuti yaitu impor," kata Airlangga.

Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...