Studi: Generasi Muda Minati Properti Rumah di IKN

Sorta Tobing
18 Juli 2024, 15:15
IKN Nusantara
Miyuaja/Twitter
IKN Nusantara
Button AI Summarize

Para pencari properti di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) didominasi generasi muda. Mayoritas peminat berasal dari kawasan IKN dan Jakarta, dengan preferensi harga rumah yang bervariasi dari kelas menengah hingga menengah-atas.

Hasil studi protal properti Rumah123 menunjukkan selama periode Januari hingga April 2024, mayoritas pencari properti tersebut berusia 18 tahun hingga 34 tahun. Lokasi propertinya di Balikpapan (56,9%), Kutai Kartanegara (71,4%), Penajam Paser Utara (48,5%), dan Samarinda (56,4%).

Head of Research Rumah123 Marisa Jaya mengatakan proporsi pencari pada rentang usia 35 tahun hingga 64 tahun juga signifikan. "Ketertarikan terhadap proyek IKN menjadi faktor signifikan menarik minat generasi muda dalam mencari properti di kawasan tersebut," katanya, dikutip dari Antara, Kamis (18/7).

Generasi muda, menurut dia, banyak yang ingin mengetahui tentang prospek dan perkembangan proyek IKN. Mereka juga tertarik dengan prospek perkembangan kawasan tersebut di masa depan.

Sebagian dari generasi muda itu juga melihat IKN sebagai peluang investasi properti. "Mereka melihat kawasan sekitar IKN sebagai area yang memiliki prospek kenaikan nilai properti yang besar di masa depan," kata Marisa.

Permintaan properti di kawasan IKN didominasi rumah tapak dan tanah. Di Balikpapan, pencari properti tertinggi berasal dari kota itu sendiri (29,9%), Jakarta (21%) dan Samarinda (13,2%).

Lalu, di Kutai Kartanegara, permintaan banyak berasal dari Jakarta (23,4%), Samarinda (15%) dan Balikpapan (10,5%). Di Penajam Paser Utara, permintaan tertinggi juga berasal dari Jakarta (31%), kemudian Balikpapan (9,5%) dan Samarinda (6,1%). Di Samarinda, permintaan terbesar berasal dari warganya sendiri (39,3%), disusul Balikpapan (19%) dan Jakarta (13,7%)

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...