Datang ke BKPM, Gibran Sebut ada Regulasi Perlambat Investasi Industri Digital

Andi M. Arief
29 Juli 2024, 11:17
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka membantu siswa membuka paket makanan saat meninjau uji coba pelaksanaan program makan bergizi gratis di SDN Sentul 03, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024). Program makan bergizi gratis dengan ang
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka membantu siswa membuka paket makanan saat meninjau uji coba pelaksanaan program makan bergizi gratis di SDN Sentul 03, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/7/2024). Program makan bergizi gratis dengan anggaran Rp71,5 triliun tersebut telah dimasukkan ke Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025, dan pelaksanaannya nanti akan disesuaikan dengan daerah masing-masing.
Button AI Summarize

Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka menyebut ada regulasi yang memperlambat realisasi investasi industri digital dalam negeri. Aturan ini berada di Kementerian Investasi dan Kementerian Komunikasi dan Informatik (Kominfo).

"Ini perlu dikejar perbaikannya," kata Gibran di Gedung Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta, Senin (29/7). Namun, ia tak menjelaskan lebih detail regulasi yang dimaksud. 

Pada Rabu pekan lalu, ia telah menyambangi Kementerian Kominfo. Selama kunjungan, ia membahas masalah peretasan hingga perusahaan rintisan bersama Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. Ketika itu, ia menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengakselerasi transformasi digital di seluruh pelosok negeri.

Keduanya juga membahas langkah strategis dalam mempercepat transformasi digital di Indonesia, termasuk pengembangan infrastruktur. Selain itu, peningkatan literasi digital, pengembangan ekonomi digital, termasuk dukungan terhadap startup dan UMKM dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan daya saing.

"Transformasi digital adalah kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa di era globalisasi. Saya berharap sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dapat terus ditingkatkan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing," ujar Gibran dalam keterangan pers pekan lalu. .

Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...