MPR Gelar Sidang Tahunan Hari Ini, SBY dan Gibran Tak Datang

Amelia Yesidora
16 Agustus 2024, 08:50
sidang tahunan, mpr, dpr, jokowi
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc.
Pekerja membersihkan lantai saat geladi kotor sidang tahunan MPR dan pidato Kenegaraan Presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/8/2024). Presiden Joko Widodo direncanakan menghadiri Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD dan Sidang Paripurna DPR Tahun 2024 pada tanggal 16 Agustus 2024.
Button AI Summarize

Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR menggelar sidang tahunan pada hari ini, Jumat (16/8). Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengatakan, Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka tidak diundang secara resmi karena keterbatasan tempat. 

“Hanya Pak Prabowo akan hadir sebagai dua, menteri pertahanan dan ketua umum partai,” kata Indra saat ditemui di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8). 

Presiden Jokowi bakal membacakan pidato kenegaraan dan pimpinan sidang menjelaskan kinerja lembaga negara selama setahun belakangan pada sidang tahunan tersebut. Para pejabat negara hingga mantan presiden. Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno, dan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kallad dijadwalkan hadir. 

“Pak SBY enggak hadir,” katanya.  

Indra menjelaskan, tata letak kursi tahun ini berbeda di tahun sebelumnya. Di panggung utama, hanya disediakan kursi untuk presiden, wakil presiden, pimpinan sidang, ketua MPR, DPR, dan DPD. 

Adapun pada siang hari saat nota keuangan dibacakan, hanya ada kursi untuk presiden, wakil presiden, dan pimpinan DPR. Tempat duduk jajaran menteri yang biasanya di panggung utama akan dipindah ke Blok B tempat biasa duta besar atau dubes. 

 “Dubes akan digeser ke blok E bersama dengan anggota DPR DPD di bagian belakang,” katanya. 

Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...