Agung Podomoro Land Bidik Investasi di IKN, Balikpapan dan Samarinda

Nur Hana Putri Nabila
19 Agustus 2024, 10:13
Warga berjalan dan berfoto di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (18/8/2024). Taman Kusuma Bangsa menjadi lokasi wisata bagi masyarakat sekitar setelah diresmikan pada Senin (12/8/2024).
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz.
Warga berjalan dan berfoto di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (18/8/2024). Taman Kusuma Bangsa menjadi lokasi wisata bagi masyarakat sekitar setelah diresmikan pada Senin (12/8/2024).
Button AI Summarize

PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) siap berinvestasi untuk mengembangkan sektor properti di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal itu termasuk kota penyangga IKN yakni Balikpapan dan Samarinda. 

Corporate Marketing Director Agung Podomoro, Agung Wirajaya, mengatakan pihaknya berkomitmen menjadi pengembang dalam memenuhi kebutuhan para pekerja, pebisnis, dan pengusaha yang akan pindah ke Kalimantan Timur. Dia mengatakan, akan ada perpindahan penduduk ke kawasan tersebut yang memerlukan hunian dengan adanya perkembangan ekonomi yang positif akibat tahap awal pembangunan IKN.

 Oleh karena itu, Agung Podomoro telah menyiapkan berbagai produk properti dengan fasilitas unggul sebagai solusi kebutuhan hunian di sekitar IKN. Agung Podomoro berencana mengembangkan Borneo Bay Residences di Balikpapan dan The Premiere Hills di Samarinda. Dengan konsep Living in Style, kedua kawasan ini diharapkan menjadi solusi untuk kebutuhan hunian dan investasi properti di IKN.

“Ini diharapkan akan mendukung kemajuan ekonomi regional seiring dengan adanya pola baru pada masyarakat dengan kehadiran IKN," kata Agung dalam keterangan resminya, dikutip Senin (19/8).

 Deputy Marketing Director Agung Podomoro, Yenti Lokat, menyebut kenaikan investasi di Kalimantan Timur turut menjadi peluang APLN dalam memenuhi kebutuhan investasi properti di kawasan tersebut.  “Kedua proyek properti ini sudah siap dan segera dihuni oleh pembeli,” katanya. 

 Pengamat Properti sekaligus President Director Era Indonesia, Darmadi Darmawangsa, mengungkapkan bahwa Kalimantan Timur memiliki potensi besar untuk investasi properti dengan kehadiran IKN. Menurut Darmadi, Agung Podomoro telah unggul dengan mengembangkan proyek prestisius bahkan sebelum pembangunan IKN dimulai.

 “Dalam hal ini kota Balikpapan dan Samarinda sebagai pintu gerbang IKN. Ini menjadi pendorong harga properti yang naik seiring dengan melesatnya pertumbuhan ekonomi  di Kalimantan,” ujarnya.

Reporter: Nur Hana Putri Nabila

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...