Ikuti AS, Kanada Kenakan Tarif Impor 100% untuk Kendaraan Listrik Cina

Tia Dwitiani Komalasari
27 Agustus 2024, 07:40
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menjadi pembicara utama pada hari kedua ASEAN-Indo-Pacific Forum 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (6/9/2023).
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Galih Pradipta/aww.
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menjadi pembicara utama pada hari kedua ASEAN-Indo-Pacific Forum 2023 di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (6/9/2023).
Button AI Summarize

Pemerintah Kanada mengumumkan akan mengenakan tarif 100% pada impor kendaraan listrik buatan Cina. Tarif ini setra dengan yang telah diberlakukan Amerika Serikat.

Pengumuman tersebut menyusul dorongan dari penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, selama pertemuan dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan menteri kabinet pada Minggu (25/8). Sullivan akan melakukan kunjungan pertamanya ke Beijing pada Selasa.

Trudeau mengatakan Kanada juga akan mengenakan tarif 25% pada baja dan alumunium China.

"Pelaku seperti Cina telah memilih untuk memberi diri mereka keuntungan yang tidak adil di pasar global," katanya saat pengumuman tarif impor, Senin (26/8).

Tidak ada tanggapan langsung dari Cina. Pejabat China kemungkinan akan menyuarakan kekhawatiran tentang tarif Amerika dengan Sullivan karena Beijing terus memperbaiki ekonominya setelah pandemi Covid-19.

Presiden AS Joe Biden pada Mei lalu telah mengenakan tarif baru yang besar pada kendaraan listrik Cina, baterai canggih, sel surya, baja, aluminium, dan peralatan medis. “AS percaya bahwa front persatuan, pendekatan terkoordinasi terhadap isu-isu ini menguntungkan kita semua,” kata Sullivan kepada wartawan pada Minggu (25/8).

Biden mengatakan subsidi pemerintah Tiongkok untuk kendaraan listrik dan barang-barang konsumen lainnya memastikan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut tidak perlu mencari untung.  Perusahaan-perusahaan Tiongkok dapat menjual kendaraan listrik hanya dengan harga US$12.000.

Pabrik-pabrik sel surya dan pabrik-pabrik baja dan aluminium Tiongkok memiliki kapasitas yang cukup untuk memenuhi sebagian besar permintaan dunia. Para pejabat Tiongkok berpendapat bahwa produksi mereka menjaga harga tetap rendah, akan membantu transisi menuju ekonomi hijau.

“Kami melakukannya secara selaras, secara paralel, dengan negara-negara ekonomi lain di seluruh dunia yang menyadari bahwa ini adalah tantangan yang kita semua hadapi,” kata Trudeau tentang tarif baru tersebut.

“Kecuali kita semua ingin berlomba-lomba sampai ke dasar, kita harus bangkit,” ujarnya lagi.

Satu-satunya kendaraan listrik buatan Tiongkok yang saat ini diimpor ke Kanada adalah dari Tesla, yang dibuat di pabrik perusahaan tersebut di Shanghai.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...